Medan (Antaranews Sumut) - Komisi Pemilihan Umum Kota Medan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp64 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara untuk pelaksanaan pemilihan umum 2019.
     
Anggota KPU Kota Medan Divisi Program, Data dan Informasi KPU Medan Nana Miranti di Medan, Kamis, mengatakan, anggaran sebesar Rp61,2 miliar tersebut dialokasikan untuk kebutuhan pengadaan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebesar Rp 45,8 miliar atau sekitar 74,8 persen dari total anggaran yang dialokasikan untuk anggaran pemilu di KPU Kota Medan.

"Anggaran terbesar itu di alokasikan untuk pengadaan KPPS," katanya disela acara rapat Kordinasi Rencana Kerja dan Anggaran KPU Tahun Anggaran 2019.

Anggaran KPPS tersebut termasuk didalamnya pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) alat tulis kantor dan konsumsi serta honor untuk anggota KPPS dan Linmas.

Baca juga: KPU Medan dorong kemandirian penyandang disabilitas dalam mencoblos
Baca juga: KPU Binjai prioritaskan TPS ramah disabilitas

Sesuai dengan PKPU No 5 Tahun 2018 perubahan atas PKPU No 7 Rahun 2017 Tentang Tahapan, program dan Jadwal penyelengara Pemilu tahun 2019, pembentukann KPPS dilakukan pada 28 Februari-27 Maret 2019, dimana masa kerja KPPS ini 10 April-9 Mei 2019.

Jumlah TPS yg di tampung juga belum seluruhnnya, karena baru 6.349 TPS, padahal jika berpatokan dari penetapan DPTHP2 yang terakhir, jumlah TPS di Kota Medan sebanyak 6.392. 

"Jadi DIPA yg kita terima saat ini juga harus di revisi kembali setelah dilakukan pencermatan kembali. Karena ada beberapa yg belum sesuai, seperti anggaran KPPS yang di tampung baru 6.349 TPS," katanya.

Sementara itu Anggota KPU Provinsi Sumut Batara Manurung mengharapkan agar komisioner di masing-masing kabupaten/kota dapat bekerjasama dengan sekretaris dan kasubag di masing-masing divisi untuk dapat mencermati dan menyusun program 2019 ini secara detail pertanggal. 

Sehingga daya serap anggaran dan pelaksaanaan program dapat maksimal sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Programnya harus disusun detail pertanggal hingga April mendatang, kerana pelaksanaan pemilu udah semakin dekat, jadi tahapan juga semakin padat," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018