Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tapanuli Selatan  Efrida Yanti Pakpahan melalui Kabid Ketersediaan dan Distribusi Tua Ali Saib Siregar mengatakan dalam minggu ini pihaknya akan meyalurkan ternak kambing etawa kepada dua kelompok tani di daerah itu.

"Masing-masing kelompok akan mendapatkannya sebanyak 19 ekor, yakni satu ekor pejantan dan selebihnya betina," katanya mengutarakan hal tersebut di Sipirok, Rabu sore.

Kambing etawa tersebut bersumber dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara tahun anggaran 2018. Penerima manfaatnya poktan Seirama di Kelurahan Aek Simotung dan poktan di Desa Saut Banua Simanosor di wilayah Kecamatan Saipar Dolok Hole.

Program bantuan ternak untuk Kelurahan Aek Simotung yaitu program gerakan msyarakat pangan, sedang untuk kelompok Saut Banua Simanosor bantuan untuk program akses pangan.

"Kiranya ternak tersebut cepat berkembang agar program gema pangan mandiri untuk kesejahteraan petani terwujud, dan kebutuhan akan sumber protein hewani masyarakat petani terpenuhi," ujarnya.

Kedua program tersebut katanya sejalan dengan visi misi Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu menjadikan masyarakat sehat cerdas, dan sejahtera, disamping menambah ilmu soal bidaya ternak.

Kambing etawa memiliki kelebihan tersendiri dibanding ternak kambing lainnya, karena selain dagingnya untuk dikonsumsi susunya juga cukup baik untuk penambahan gizi.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018