Aekkanopan (Antaranews Sumut) – Muhammadiyah telah melaksanakan demokrasi sehingga mampu menjadi persyarikatan besar dengan berbagai lembaga amal dan sosialnya. Hal itu menurutnya bisa dijadikan contoh bagaimana berdemokrasi secara baik.

Demikian antara lain diungkapkan fungsionaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara Dr Abdul Hakim Siagian SH MHum yang didaulat untuk menjadi penceramah pada Milad Muhammadiyah ke-109 H/106 M di aula Ahmad Dewi Syukur Aekkanopan, Rabu.

Selain itu, menurut calon anggota DPD RI dengan nomor 21 itu, Muhammadiyah dalam usianya yang lebih satu abad telah membuktikan peran serta memperjuangan dan mengisi kemerdekaan di negeri ini.

“Muhammadiyah terbukti cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahkan belum lama ini salah seorang tokoh Muhammadiyah Kasman Singodimedjo dinobatkan sebagai pahlawan nasional,” kata mantan anggota DPRD Sumut tersebut.

Hanya saja, belakangan ini, stigma negative kerap dilekatkan kepada Islam. Sehingga kegiatan-kegiatan keislaman kerap dicurigai. Bahkan, tambah pria yang merupakan seorang pengacara tersebut, banyak tokoh islam yang dikriminalisasi.

Karena itulah, melalui momentum Milad Muhammadiyah ke-109 H/106 M itu, pria yang menyelesaikan pendidikan SD-SMAnya di Aekkanopan itu mengajak seluruh warga persyarikatan untuk menjadikan masjid-masjid Taqwa sebagai tempat mendiskusikan berbagai hal.

“Jadikan masjid-masjid Taqwa untuk mendiskusikan berbagai persoalan umat seperti ekonomi, pendidikan bahkan politik. Karena politik tidak terlepas dari Islam,” kata dosen di sejumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Medan itu.

Sebelum mengakhiri pencerahannya, Abdul Hakim mengajak masyarakat khususnya warga persyarikatan untuk dapat memberikan hak suara pada Pemilu yang akan dilaksanakan 17 April tahun depan.

“Pilih dan besarkanlah warga dan kader Muhammadiyah, karena merekalah nanti yang akan membesarkan Muhammadiyah,” ujarnya yang pada saat itu mengenakan lobe putih.

 

FOTO BERSAMA : Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, anggota DPR RI Saleh Partaonan Daulay, fungsionaris PWM Abdul Hakim Siagian dan pejabat lainnya foto bersama sebagian sesepuh Muhammadiyah pada Milad Muhamadiyah ke-109 H/106 M di aula Ahmad Dewi Syukur, Rabu. (Foto : Antaranews Sumut/Sukardi)

Puncak milad organisasi itu juga diwarnai dengan penampilan sejumlah siswa, pemberian tali asih kepada para pejuang Muhammadiyah hingga tingkat basis serta penyerahan hadiah perlombaan yang diselenggarakan guna memeriahkan hari jadi organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan itu.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018