Sibolga (Antaranews Sumut)- Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk membantu anggaran pembangunan gedung (sopo) Ina (perempuan) HKBP Sibolga Kota, Ressort Sibolga II, Sibolga.

Adapun bantuan yang diberikan Walikota terdiri dari sumbangan pribadinya Rp 10juta, sumbangan isterinya Delmeria Sikumbang Caleg DPR-RI Partai Nasem nomor urut 3 Rp10juta, ditambah dengan lelang konsinasi yang dipimpin langsung oleh Walikota Sibolga kepada para pimpinan OPD nya.

Penggalangan dana yang digelar HKBP Sibolga Kota ini dirangkai dengan acara Hari Ulang Tahun HKBP Sibolga Kota ke 61 dan Pesta Gotilon (atau pesta panen raya) Minggu (14/10).

Informasi yang diperoleh dari panitia pesta HUt ke 61 HKBP Kota, Tigor Panuturi Tambunan menyebutkan, respon dan dukungan dari Walikota Sibolga atas rehap gedung Ina milik HKBP Sibolga Kota sangat diapresiasi jemaat.

Jemaat menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran dan kepedulian Walikota Sibolga akan kerukunan umat beragama serta memperhatikan pembangunan rumah-rumah ibada yang ada di Sibolga.

“Kami atas nama jemaat HKBP Sibolga Kota dan juga atas nama panitia, mengucapkan terimakasih kepada bapak Walikota dan pak Wakil serta para undangan dan pimpinan OPD yang sudah turut menyumbang melalui acara lelang yang sudah terselenggara dengan baik kemarin. Doa kami kiranya berkat dari Tuhan semakin melimpah atas mereka,”sebut Tigor, Senin di Sibolga.

Selain bantuan dari Walikota Sibolga, Bupati Tapteng juga turut membantu sebesar Rp10juta yang disampaikan oleh Walikota Sibolga ditambah bantuan lelang dari Wakil Walikota Sibolga Edy Polo Sitanggang dan juga para donatur.

Dari hasil lelang konsinasi Walikota Sibolga bersama dengan OPD nya terkumpul dana sebesar Rp70 juta. Sedangkan Rp 180 juta lagi akan ditampung melalui APBD Kota Sibolga ditambah dengan pembangunan tempat parkir di depan gereja.

Maka besaran dana yang terkumpul ditamah dengan anggaran dari APBD Pemko Sibolga sebesar Rp 250juta.

Walikota berharap agar dana yang diberikan dapat dipergunakan sebaik mungkin untuk merehap gedung Ina yang kondisinya kurang layak digunakan.

Demikian juga dengan pembangunan tempat parkir gereja yang berada di atas parit gereja, agar benar-benar dimanfaatkan menjadi tempat parkir bukan menjadi tempat jualan.

“Saya sering berkunjung ke gereja HKBP Sibolga Kota ini, termasuk ketika kondisi gereja sebelum semegah ini. Dan saya memberikan perhatian atas pembangunan gereja ini termasuk usul rehap pembangunan gedung Ina,”sebut Syarfi dalam sambutannya.

Dengan direhapnya gedung tersebut lanjut Syarfi, maka masyarakat yang memanfaatkan gedung (Sopo In) untuk kegiatan pesta tidak kewalahan lagi.

“Saya pernah mengikuti acara pesta di Sopo Ina HKBP ini, kondisinya sangat memprihatinkan. Lantainya sudah rusak, cat dindingnya sudah pudar dan kusam, belum lagi kondisi bangunan yang sudah tua.

Makanya saya usulkan agar direhap gedung tersebut supaya dapat dimanfaatkan dengan baik, dan masyarakat yang memanfaatkan gedung itu juga merasa nyaman dan aman. Bagi saya sebagai Walikota Sibolga akan memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan umat dan masyarakat.

Masjid kita bangun, gereja juga kita bangun. Rumah ibadah ini harus sama-sama indah dan cantik,”tutup Syarfi.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018