Medan (Antaranews Sumut) - PT Toba Pulp Lestari,Tbk atau TPL memberikan bantuan dua unit truk pengangkut sampah ke Pemerintahan Kabupaten  Toba Samosir mendukung pariwisata dan kebersihan daerah itu.

"Bantuan truk sampah senilai Rp 600 juta lebih itu sudah diserahkan dengan harapan daerah tersebut yang juga menjadi salah satu lokasi Danau Toba menjadi semakin bersih," ujar Senior Manajer PT TPL, Tagor Manik di Medan, Jumat.

Bantuan truk pengangkut sampah tersebut diterima Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toba Samosir, Mintar Manurung, didampingi Camat Parmaksian, Paiman Butar-butar, dan Camat Porsea, Robert Manurung.

Dia menegaskan, bantuan itu nerupakan tangggung jawab perusahaan terhadap lingkungan khususnya di sekitar wilayah operasional perusahaan.

Menurut Tagor, bantuan truk sampah itu merupakan kegiatan peduli sampah kesekian kalinya dari PT TPL.

Sebelumnya, TPL juga memberikan bantuan tong sampah sebanyak 125 unit di Kecamatan Porsea dan 15 unit di  Kecamatan Parmakasian.

Sementara akhir tahun 2017, TPL juga menyerahkan satu unit truk pengangkut sampah kepada Pemkab Simalungun untuk digunakan di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, khususnya di daerah wisata Parapat.

"TPL berharap kebersihan di kabupaten itu semakin meningkat.Bukan hanya untuk kepentingan wisatawan, tetapi juga bagi kesehatan masyarakat sekitar,"katanya.

Kebersihan di sekitar Danau Toba dinilai perlu didukung karena pemerintah menetapkan danau itu menjadi satu dari 10 objek wisata utama di Indonesia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toba Samosir, Mintar Manurung mewakili bupati mengaku gembira mendapat bantuan truk pengangkut sampah itu.

Menurut dia, bantuan itu sangat berarti di tengah upaya Pemkab itu meningkatkan kebersihan khususnya dalam mendukung kawasan wisata Danau Toba.

"Mobil itu akan beroperasi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Porsea dan Parmaksian,"katanya.***4***
 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018