Nias, (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi, sebagai salahsatu upaya mendorong peningkatan kualitas pendidikan di daerah itu.
     
Mewakili Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, Kabag Kesra Gelifati Waruwu di Nias, Kamis, mengatakan, beasiswa yang sudah diserahkan secara simbolis di SD Lolowua, Kecamatan Hiliserangkai tersebut merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas dan aksebilitas pendidikan.
     
"Misi ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia sebagai sumber daya yang sehat, cerdas dan profesional serta berkarakter mulia," katanya.
     
Tujuannya supaya terwujudnya sumber daya manusia yang berdaya saing sebagai kunci dari pelaksanaan misi lainnya, karena memang untuk mewujudkan berbagai program pembangunan dibutuhkan sumber daya yang serdas pula.
     
"Kita akui jika pemerintah pusat telah menggelontorkan bantuan siswa miskin yang sekarang disebut Program Indonesia Pintar, tetapi Pemkab Nias menganggap perlu penghargaan terhadap siswa berprestasi," katanya.
     
Atas dasar itu pula pemkab Nias kemudian memprogramkan pemberian beasiswa kepada siswa-siswi juara I sampai III umum di setiap jenjang pendidikan SD dan SMP. 
     
"Itu semua kita lakukan agar semangat belajar siswa semakin tinggi, sehingga kedepan akan terbentuk masyarakat Nias yang berkualitas, berilmu, bermartabat, mandiri dan memiliki daya saing tinggi," katanya.
     
Pemkab Nias mengeluarkan anggaran sebesar Rp1.091.376.000 untuk pemberian beasiswa tahap pertama tahun 2018 kepada seluruh siswa SD dan dan SMP dengan rincian SD sebanyak 2.798 siswa, dan tingkat SMP sebanyak 441 siswa.***4***

     
 

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018