Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) -  Pt.Agincourt Resources (AR), pengelola tambang emas martabe menyalurkan bantuan beasiswa sebesar Rp 420 Juta kepada 170 pelajar - mahasiswa tahun pelajaran 2018/2019 atau meningkat dibanding tahun pelajaran 2017/2018 sebesar Rp 257 juta.

Senior manager community relations and development PT.AR, Pramana Triwahyudi, Senin, mengatakan pelajar - mahasiswa tahun ajaran 2018/2019 yang mendapat bantuan beasiswa martabe prestasi berasal dari kecamatan Batangtoru - Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan.

Penganugerahan beasiswa martabe prestasi 170 siswa (145 orang beasiswa baru dan 25 beasiswa pembaruan atau lanjutan) ini digelar di gedung ampitheater Sopo Daganak, di desa Napa, Kecamatan Batangtoru, Tapanuli Selatan, Senin.

Pramana menjelaskan, penerima beasiswa ini dibagi dalam tiga kategori. Kategori pertama, beasiswa penghargaan prestasi akademis (tingkat SD dan SMP), kedua penghargaan prestasi khusus (non akademis), dan ketiga, penghargaan prestasi berkelanjutan (tingkat SMA/Sederajat, Diploma 3 dan Strata 1).

Dikatakan, untuk kategori ketiga peserta beasiswanya ada yang bersekolah di SMA dan belajar di luar daerah Batangtoru, sama hanyanya tingkat mahasiswa yang melanjutkan pendidikannya ke berbagai universitas negeri/swasta di UGN Padangsidimpuan, Unimed Medan.

Program beasiswa ini lanjut Pramana, merupakan program pengembangan masyarakat dalam rangka meningkatkan akses pendidikan bagi para pelajar berprestasi yang berasal dari keluarga pra-sejahtera khususnya di wilayah sekitar tambang.

“Kami berharap melalui program ini para pelajar dan mahasiswa dari kawasan lingkar tambang dapat terus mencapai pendidikan yang lebih tinggi," kata Pramana.

Pelajar penerima penghargaan prestasi akademis mendapatkan manfaat berupa bantuan perlengkapan sekolah dengan nilai maksimal Rp500 ribu pelajar SD/sederajat dan Rp750.000 SMP/sederajat.  

Sedang penerima penghargaan prestasi berkelanjutan, PT.AR memberikan tunjangan uang sekolah/kuliah dan biaya hidup dengan total Rp3 juta setiap tahun, sedang  bantuan siswa SMA/sederajat hingga kelas XII.

Bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan swasta/negeri di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) beasiswa hingga semester 6. Bagi mahasiswa S1 di negeri - swasta di Tabagsel hingga semester 8, masing-masing Rp6 juta /tahun. Luar Tabgsel  mahasiswa S1 PTN/PTS mendapatkan Rp12 juta /tahun.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018