Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Wisuda sembilan hafiz 30 juz Al Qur'an menyemarakkan Tabligh Lailatu Qadar di Masjid Raya Al Aman Aekkanopan, Senin malam. Wisuda tersebut disaksikan ratusan jamaah sholat Isya.

Sebelum wisuda, Yayasan Azhar Center sebagai lembaga pengasuh para santri menyerahkan hadiah kepada puluhan anak usia antata 3-12 tahun. Mereka adalah peserta Anak Cinta Masjid (ACM) yang dilaksanakan kenaziran Masjid Raya Al Aman.

 
ACM : Kaban PKAD Labura Drs H Faizal irwan Dalimunthe MSi saat menyerahkan hadiah kepada juara Anak Cinta Masjid (ACM) yang dilaksanakan BKM Al Aman Aekkanopan, Senin malam. (FOTO : Antaranews Sumut/Sukardi)

Menurut Ketua BKM Al Aman yang juga pengasuh Pesantren Tahfiz Azhar Center HM Ifdsrsyam Ritonga Lc MHI, tujuan ACM adalah mendidik dan memperkenalkan anak sejak dini untuk menyintai dan melaksanakan ajaran Islam.

"Awalnya panitia ingin memberi hadiah krpada juara I hingga harapan III. Tapi di luar dugaan, puluhan anak ini semuanya berhasil hingga hari akhir dan mendapat nilai sama. Akhirnya bersama orang tua peserta, diambil kesepakatan membagi rata hadiah," jelas Ifdarsyam.

Selain itu, pada malam itu juga dilaksanakan wisuda anak-anak balita yang berhasil hafal 1 juz Al Qur'an serta penyerahan penghargaan bagi peserta Daurah Angkatan II Dewasa. 

Puncak kegiatan adalah wisuda 9 hafiz 30 juz. Para santri berdiri bersama para orang tuanya dan selanjutnya mengenakan mahkota kepada masing-masing orang tua mereka. "Di akhirat nanti, para penghafal Al Qur'an akan mengenakan mahkota kepada orang tua mereka," jelas H Panji Pandu Siregar terkait acara yang dilaksanakan.

Usai penyerahan hadiah dan wisuda, dilaksanakan sholat Tarawih dan Witir berjamaah yang diimami HM Ifdarsyam yang merupakan penghafal 30 juz Al Qur'an dan memiliki sanad hingga ke Rasulullah SAW.


 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018