Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan melalui Dinas Kesehatan daerah itu memprogramkan seluruh 16 Puskesmas di daerah itu memeroleh akreditasi. 

"Programkan kita selambatnya 2019 seluruh puskesmas sudah terakreditasi,"ujar Plt. Kadis Kesehatan, Marasaud, kepada Antara di Tapanuli Selatan, Sabtu.

Sementara program untuk Tahun Anggaran 2018 sepuluh 10 dari enam belas 16  jumlah puskesmas di 14 Kecamatan se Tapanuli Selatan dapat memeroleh akreditasi. 

Marasaud menjelaskan saat ini baru satu 1 puskesmas di Tapanuli Selatan yaitu Puskesmas Batangtoru yang terakreditasi (akreditasi dasar). 

Sedang dua puskesamas yaitu puskesmas Pintu Padang di Kecamatan Batang Angkola dan puskesmas Danau Marsabut di Kecamatan Sipirok sudah mendapat kunjungan tim surveyor.

"Mudah - mudahan kedua puskesmas Pintu Padang - Danau Marsabut ini juga memeroleh akreditasi yang hasinya diketahui paling lambat Mei 2018,"sebutnya. 

Menurut Marasaud sejumlah keuntungan akan di dapat apabila Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) telah memeroleh akreditasi di banding yang tidak terakreditasi antara lain mempermudah masuknya bantuan (dana-peralatan) pemerintah pusat maupun provinsi. 

"Dengan berbagai bantuan yang masuk otomatis pelayanan Puskesmas yang sudah terakreditasi tersebut akan semakin meningkat. Baik dari sisi manajemen maupun pelayanan medis/para medis sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),"ujarnya. 

Selain itu untuk klaim dana-dana kapitasi (seperti jasa BPJS) kemungkinan terancam juga di alihkan apabila puskesmas belum memeroleh akreditasi.

Untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Sipirok sendiri tambah Marasaud juga sudah memeroleh akreditasi."Artinya RSUD Sipirok sudah tidak ada kendala untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah,"katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018