Medan  (Antaranews Sumut) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berharap manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) segera mengoperasikan kereta api rute Medan-Belawan yang sidah diuji coba Januari lalu.

"Pemprov Sumut berharap agar rute itu bisa segera dilalui kereta api untuk mengurangi beban jalan raya di jalur Medan-Belawan," ujar Kabid Perkeretaapian dan Pengembangan Dinas Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan di Medan, Minggu.

Menurut dia, jalan menuju kawasan Belawan semakin padat karena daerah itu merupakan kawasan industri dan pelabuhan.

Baca juga: Jembatan stasiun kereta api Medan akan dioperasikan

Dengan adanya transportasi kereta api diharapkan beban jalan raya di sepanjang jalan itu berkurang.

Bahkan ancaman kecelakaan lalu lintas yang selama ini cukup tinggi bisa ditekan.

"Setelah uji coba Januari lalu diharapkan kereta api Medan-Belawan itu bisa dioperasikan segera atau dalam tahun ini," ujar Agustinus.

Baca juga: KAI sudah tutup 33 perlintasan liar

Dia menyebutkan, kalau penumpang masih sedikit sehingga rentan dengan kerugian PT KAI diharapkan bisa diatasi pemerintah pusat dengan subsidi.

Vice President PT KAI Divre 1 Sumut Rusi Haryono menyebutkan, pengoperasian kereta api Medan-Belawan itu tinggal menunggu izin dari Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Baca juga: KAI Sumut targetkan angkut barang 974.790 ton

"Banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk mengoperasikan rute kereta api khususnya menyangkut keselamatan," katanya.

Manajemen KAI Sumut yakin rute itu akan diaktifkan kembali setelah beberapa tahun tidak aktif.

Rusi mengakui, sebelumnya direncanakan ada lima kereta yang dioperasikan untuk mengangkut penumpang rute Medan-Belawan-Medan tersebut.

Kereta api itu dijadwalkan melayani penumpang dari Stasiun Medan sekitar pukul 09.00 WIB dengan lama perjalan sekitar 40 menit.

Untuk tahap awal, layanan kereta api Medan-Belawan-Medan itu beroperasi satu kali sepekan atau saat Kapal Penumpang Kelud dari Pelabuhan Tanjung Priok tiba di Belawan.

(T.E016/B/I023/I023) 25-03-2018 20:17:10

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018