Deliserdang  (Antaranews Sumut) - Warga Kabupaten Deliserdang mengharapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dapat memberikan pembinaan bagi masyarakat dalam kegiatan peternakan yang dijalankan selama ini.

Harapan itu disampaikan sejumlah warga Desa Sudirejo, Kecamatan Namurambe, Kabupaten Deliserdang dalam reses anggota DPRD Sumut Muchrid Nasution di kecamatan itu, Sabtu.

Almin, salah seorang warga Desa Sudirejo, Kecamatan Namurambe mengatakan, selama ini, warga banyak yang mengelola peternakan dekat tempat tinggalnya.

Baca juga: DPRD Sumut pelajari penyelenggaraan pilgub NTB

Namun, mayoritas peternakan yang dijalankan masyarakat tersebut kurang berkembang karena dijalankan dengan pengetahuan ala kadarnya.

Selain itu, peternakan yang dijalankan masyarakat sulit berkembang karena ketiadaan modal untuk menambah peliharaannya, termasuk pejantan yang akan membuahi ternaknya.

Baca juga: DPRD Kampar kunjungan kerja ke UMSU

Jika mendapatkan bantuan dan pembinaan, masyarakat yang hobi beternak dapat meningkatkan kesejahteraannya, termasuk dalam membiayai pendidikan anggota keluarganya.
 


"Warga ingin mengelolanya, supaya ada kerjaan tambahan. Supaya ada penghasilan untuk mendukung pendidikan anak-anak," katanya.

Selain peternakan, warga juga mengharapkan dukungan dan pembinaan dari Pemprov Sumut dalam membina potensi ekonomi kerajinan yang ada.

Agus, warga Kecamatan Namurambe lainnya mengatakan, pembinaan dan dukungan dari Pemprov Sumut tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kalau perekonomiannya bagus, yang lain juga ikut bagus, termasuk keamanan," katanya.

Menanggapi harapan itu, anggota DPRD Sumut Muchrid Nasution meminta untuk membuat proposal mengenai jenis usaha yang akan dijalankan.

Politisi Partai Golkar tersebut berjanji akan memperjuangkan keinginan masyarakat itu ke Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan.

"Siapkan permohonannya, nanti kaminakan menyurati ke Dinas Peternakan. Namun permohonannya harus berupa kelompok ternak, tidak boleh diberikan kepada perorangan," kata Muchrid.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018