Langkat, (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mendorong agar pemuda di daerah itu terus mengembangkan minat dan bakat kewirausahaan agar bisa mandiri karena potensi besar ada pada mereka.

Sekreatris Daerah langkat Indra Salahuddin, di Stabat, Senin, mengatakan, kewirausahaan merupakan salah satu dimensi penting, dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia disamping jiwa kepemimpinan dan kepeloporan, sebagai mana termuat dalam tujuan pembangunan kepemudaan Pasal 3 UU Nomor 40/2009.

"Kewirausahan pemuda perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda di bidang ekonomi, mengingat tingkat pengangguran di Indonesia saat ini masih cukup tinggi," katanya.

Jadi dengan adanya penelusuran minat, bakat dan potensi yang ada, diharapkan program kewirausahan yang akan dikembangkan mendapat dukungan sepenuhnya dari pemuda yang ada di daerah.

Baca juga: Alokasi dana desa Langkat Rp313 miliar
Baca juga: Langkat programkan lima ribu nelayan masuk asuransi

Untuk itu, pelatihan pemuda kewirausahan salah satu upaya untuk menambah kualitas pemuda Langkat, dalam rangka meningkatkan daya saing dan kemandirian untuk mendongkrak kesejahteraan bangsa.

"Agar pemuda Langkat dapat memajukan daya saing bangsa ditengah persaingan global, sehingga mampu meningkatkan nilai tambah kualitas hidup dan kesejahteraan," katanya berharap.

Intinya penelusuran minat tersebut, harus terus dikembangkan sebelum pelaksanaan pengembangan kewirausahan diterapkan pada pemuda.

"Apalagi pelatihan kewirausahaaan ini dikelola sacara terencana dan sistematis, maka akan lebih dapat menumbuhkan dan mengembangkan terbentuknya wirausaha muda yang bermutu diseluruh Langkat ini," kata Indra.

Untuk itu diharapkan pemuda agar terus mengambil peran penting guna memberikan kontribusi besar bagi pembangunan daerah, termasuk agar bisa menyerap lapangan kerja yang lebih luas lagi.
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018