Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Masyarakat kota Padangsidimpuan-kabupaten Tapanuli Selatan dikejutkan dengan getaran gempa yang baru saja terjadi, Kamis.

Memang, tidak semua masyarakat baik di kota Padangsidimpuan-kabupaten Tapanuli Selatan merasakan getaran gempa yang terjadi sekitar 2-3 detik tersebut. Sehingga sebagian besar masyarakat banyk yang tidak mengetahui telah erjadi gempa.

Menurut informasi BMKG menunjukkan gempa tektonik yang terjadi sekitar pukul 08.35.48 WIB di Samudera Hindia sebelah barat kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Kekuatan gempanya Magnitude 5,4. Episenter terletak pada koordinat 0,91 LU dan 98,63 BT tepatnya di laut pada jarak 37 kilomter arah barat daya kota Singkuang, kabupaten Mandailing Natal pada kedalaman 98 kilometer, demikian dilansir kepala pusat gempa bumi/tsunami BMKG atasnama Moch Riyadi melalui group WA, Kamis.

Menurut dia, dari kedalaman hiposenternya gempa bumi yang disarakan disejumlah wilayah di Tapanuli Bagian Selatan (meliputi Kota Padangsidimpuan, kabupaten Tapanuli Selatan, kabupaten Mandailing Natal, kabupaten Padang Lawas Utara dan kabupaten Padang Lawas) ini belum berpontesi tsunami dan belum berpotensi menimbulkan kerusakan.

"Saya merasakan getaran saja sekitar 2-3 detik setelah itu tidak ada lagi,"kata Isnut Siregar warga Sipirok, ibukota kabupaten Tapanuli Selatan di hubungi Antara pasca getaran gempa.

Demikian halnya Dedi warga Padangsidimpuan juga mengatakan sedikit ada merasakan getaran gempa tersebut. Lain halnya dengan dua ibu rumah tangga Maya dan Tina yang mengaku sedikit tidak merasakan adanya getaran gempa, dan tahu ada gempa setelah ditanyakan dan mengetahui dari media sosial.

Sejauh ini dari Padangsidimpuan-Tapanuli Selatan dilaporkan belum tidak ada diketahui kerusakan maupun korban jiwa atas peristiwa gempa tersebut.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018