Medan, (Antaranews Sumut) - Konsulat Muda Jepang, Daiki Yokoyama bersama Wakil Rektor I UMSU, Dr. Muhammad Arifin SH M.Hum meresmikan“Japan Corner” di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). 

Peresmian ini menambah koleksi lapak baca Perpustakaan UMSU yang sebelumnya sudah memiliki BI (Bank Indonesia) Corner dan KUI (Kantor Urusan Internasional) Corner.

Peresmian Japan Corner yang dilaksanakan di salahsatu sudut ruangan Perpustakaan UMSU Lt. III Gedung Utama Kampus UMSU Jl. Kapt. Mukhtar Basri Medan ini ditandai dengan upacara penyambutan, tamu dan pengunjung oleh panita dengan mengenakan
Kimono, busana tradisional khas Jepang.

Sambil menikmati jamuan minum teh ala Jepang yang sangat khas dan penuh keakraban, Daiki Yakoyama mengungkapkan apresiasinya tentang Perpustakaan UMSU. Ia mengatakan Perpustakaan UMSU sangat bagus dan ia begitu terkesan. Kedepan, ia berkomitmen pihaknya akan terus membangun bekerjasama dengan Perpustakaan UMSU.

“Kita akan bantu menyuplai bahan-bahan literasi berupa dokumen-dokumen, buku-buku tentang kebudayaan Jepang untuk menambah koleksi Perpustakaan UMSU. Mudah-mudahan ini bermanfaat,” katanya.

Sebelumnya digelar Kuliah Umum bertajuk Graduate Course In Japan an opportunity For UMSU. Menghadirkan Narasumber Konsulat Muda Jepang, Daiki Yokoyama, kuliah umum ini dihadiri Wakil Rektor I UMSU, Dr Arifin SH MHum, Ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) UMSU, Dr Eka Airlangga dan Kepala Biro Kemahasiswaan (Kabimawa) UMSU, Radiman Tarigan SE MSi beserta para mahasiswa di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri Medan.

Dr Arifin SH MHum mewakili Rektor UMSU, Dr Agussani MAP mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari program internasionalisasi UMSU. "Untuk Jepang sendiri, UMSU telah mengirimkan 12 mahasiswa untuk magang," katanya.

Baca juga: Mahasiswa UMSU baksos di Labura
Pada kesempatan itu, Dr Arifin SH MHum juga memaparkan sekilas tentang kemajuan UMSU yang merupakan perguruan tinggi swasta terbesar di Sumatera Utara.

Daiki Yokoyama yang cukup fasih berbahasa Indonesia ini, dalam kuliah umumnya mengungkapkan perasaan gembira bisa berkunjung dan memberikan kuliah umum di UMSU.

Menurutnya, ini merupakan salah satu bentuk baiknya kerjasama antara Indonesia dan Jepang yang telah terjalin selama 60 tahun.

Baca juga: Pemko Tanjungbalai gandeng UMSU tingkatkan SDM
Ia memaparkan tentang segala kemajuan kerjasama dalam bidang pendidikan antara kedua negara tersebut, dimana hingga saat ini kurang lebih sebanyak 5000 mahasiswa Indonesia sedang menjalani pendidikannya di Jepang.

Untuk itu, khususnya UMSU yang telah mengirimkan 12 mahasiswanya ke Jepang, Daiki Yokoyama sangat berharap agar terus ditingkatkan karena pihaknya juga akan meningkatkan jumlah beasiswa bagi mahasiswa di Indonesia.

"Kepada para mahasiswa untuk rajin-rajin melihat peluang beasiswa untuk kuliah di Jepang, terutama salah satu organisasi pendidikan di Jepang yang sering menawarkan beasiswa seperti Jasso yang dapat dilihat atau dicari melalui Internet Google," pungkas Daiki Yokoyama.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018