Medan (Antaranews Sumut) - Universitas Sumatera Utara, sebagai universitas tertua di luar Pulau Jawa semakin giat memacu prestasi, baik akademik maupun non akademik.

"Komitmen Universitas Sumatera Utara (USU) untuk mengejar akreditasi tertinggi dengan melibatkan seluruh unsur dan civitas akademika, hingga saat ini telah menorehkan berbagai kemajuan," kata Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu,SH, dalam sambutannya pada wisuda sarjana sebanyak 2.011 orang Periode II Tahun Akademik 2017/2018, di Auditorium USU, Medan, Senin.

Menurut dia, peningkatan jumlah alumni, luas kampus, sarana prasarana, jumlah fakultas dan program studi yang diasuh, kerja sama yang dilakukan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri.

"Kemudian, event nasional dan perolehan sertifikat internasional, merupakan catatan baik yang diharapkan mampu memberi suntikan semangat untuk percepatan kemajuan USU," ujar Runtung.

Baca juga: 324 mahasiswa USU PKL di Serdang Bedagai

Ia mengatakan, saat ini, USU telah menghasilkan lulusan sebanyak 190.670 orang yang berasal dari 15 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana dan 154 Program Studi. Adapun luas Kampus USU saat ini tercatat 920 Hektare, dengan perincian Kampus Padang Bulan 120 Hektare, Kampus Bekala 300 Hektare, dan Kampus Tambunan 500 Hektare.

Untuk status akreditasi Prodi, USU telah menunjukkan peningkatan jumlah prodi yang berakreditasi A, dari 22 prodi di tahun 2016 menjadi 51 prodi hingga awal 2018. Total 84 persen dari 154 prodi telah terakreditasi A dan B.

"Selaras dengan Renstra USU Tahun 2015-2019 tentang peningkatan manajemen universitas yang berkesinambungan dan memiliki standar internasional, saat ini tercatat 8 program studi dan 1 Unit Pendidikan telah memperoleh ISO 9001:2015," ucapnya.

Runtung menyebutakan, catatan yang paling baru di 2018 adalah keberhasilan Unit Manajemen Mutu Universitas Sumatera Utara dalam meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dengan status Zero finding dari British Standard Institution (BSI). Sebuah status yang sangat jarang didapatkan oleh institusi manapun yang disertifikasi oleh BSI.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki USU telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan.Jumlah dosen yang dimiliki berdasarkan data hingga Februari 2018 adalah sebanyak 1.620 orang dosen PNS, dengan dosen kualifikasi S3/Sp.2 yang dimiliki USU berjumlah 553 orang.

"Sementara jumlah Guru Besar sebanyak 175 orang.Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran dan mencapai target kinerja yang ditetapkan, USU juga tengah melaksanakan seleksi penerimaan calon dosen tetap dan tenaga kependidikan tetap non PNS, yang diharapkan mampu memenuhi seluruh harapan yang telah dicanangkan," kata Rektor USU.***4***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018