Medan (Antaranews Sumut) - Bupati Serdang Bedagai Soekirman didampingi Wakil BupatiDarma Wijaya membuka Sosialisasi Pembentukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk desa/kelurahan se kabupaten bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu.
Dalam kesmepatan itu ia mendorong kepala desa membentuk Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai upaya memberikan rasa aman dan ketentraman kepada masyarakat.
"Hasil positif yang dapat diambil dari pembentukan Satlinmas itu juga tentu akan membuka lapangan kerja baru serta peluang investasi karena desa tersebut terjamin keamanannya," kata Bupati Serdang Bedagai, Soekirma di Seirampah, Rabu.
Ia mengatakan, ada beberapa hal yang harus diwaspadai oleh para kepala desa yakni AGTH atau singkatan dari ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan, yang setiap saat harus menjadi perhatian serius.
Diharapkan para kepala desa mewaspadai provokator yang dapat mengganggu pembangunan desa.
"Untuk itu hindari pemborosan dan penyalahgunaan anggaran dana desa dengan menempatkan prinsip anggaran dana desa mengikuti program prioritas, bukan sebaliknya," katanya.
Dibalik itu semua ada tantangan yang harus disahuti oleh para kepala desa yakni bagaimana setiap desa dapat meningkatkan perekonomiannya, antara lain dengan menggalakkan program BUMDes dan usaha kerakyatan lainnya.
Kemudian penerapan tertib administrasi juga snagat penting dalam upaya menghindarkan terjadinya hal-hal yangtidak diinginkan dalam pembuatan laporan tahunan.
"Kami mengimbau kepada camat, lurah dan kepala desa agar saling menjaga soliditas dan kekompakan untuk bersama-sama menjadikan setiap pekerjaan dan didedikasi demi kesejahteraan masyarakat serta menjadikan Satlinmas sebagai sarana melengkapi Program Unggulan Kawasan Perdesaan," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018