Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Dalam pemecahan masalah di wilayahnya pro aktif masyarakat sangat diperlukan bahkan penting.

"Selama bisa diatasi selesaikan secara arif bijaksana," lurah Tapian Nauli kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Mahrizal Shaleh, di Sipirok, Kamis.

Sebagaimana dia sampaikan pertemuan tingkat desa/kelurahan yang diinisiasi UPTD Puskesmas Simarpinggan, di Aula kantor lurah Tapian Nauli.

Mahrizal mengatakan, sejumlah permasalahan sosial masyarakat dan lingkungan sering muncul di desa/kelurahan, ini tidak boleh dibairakan berlarut-larut sebab akhirnya bisa berdampak buruk.

Dia contohkan sampah atau kotoran ternak yang apabila dibiarkan akan dapat menjadi sumber penyakit. Namun, sepanjang warganya pro aktif mau bersama membersihkannya persoalan itu bisa selesai dengan baik.

Untuk menyatukan persepsi pemuka desa/kelurahan, tokoh masyarakat lain maka dilakukan pertemuan tingkat desa/kelurahan ini, "kalau bisa diselesaikan mengapa tidak harus bergantung ke yang lain,"tuturnya.

Pertemuan ini sekaligus bertujuan memperkuat pemberdayaan masyarakat dalam rangka mendorong mendukung kemajuan pembangunan daerah.

Ketua MUI Angkola Selatan Sardani Sihombing, pihak kelurahan, kepala lingkungan, tokoh masyarakat, bidan desa wilayah Angkola Selatan juga turut hadir disitu.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018