Sipirok (Antaranews Sumut) - Dinas sosial daerah kabupaten Tapanuli Selatan mencek kualitas bantuan sosial beras sejahtera atau Rastra tahun anggaran 2018 di gudang Bulog subdivre Padangsidimpuan.

"Sebelum dibagikan ke Keluarga Penerima Manfaat atau KPM kita wajib mencekĀ  bantuan sosial Rastra ini," ujar Sekretaris Dinas Sosial Daerah Tapanuli Selatan, Porang Pane kepada Antara di Sipirok, Rabu sore.

Dari hasil pengecekan kondisi Rastra tersebut katanya cukup sangat baik untuk dibagikan kepada KPM yang tercatat 17.075 peserta di wilayah itu.

Ia mengatakan, bantuan sosial Rastra untuk bulan Januari 2018 itu sendiri akan dilaunching, Kamis (25/1) dengan alokasi /KPM seberat 10 kg beras jenis medium secara gratis.

Menurut dia, dari total jumlah peserta KPM 17.075 penerima Rastra sekitar 7.300 diantaranya merupakan Program Keluarga Harapan (PKH) selebihnya masyarakat yang kurang mampu.

Dijelaskannya juga bahwa peserta KPM yang dianggap layak menerima bantuan sosial Rastra ini benar-benar melalui proses musyawarah seluruh 212 desa di 14 kecamatan se-Tapanuli Selatan.

"Hal itu sesuai data yang diserahkan Kementerian Sosial RI yang berjumlah 17.075 peserta,"sebutnya.

Lanjut ditegaskannya bahwasanya tidak semena-mena untuk mengantikan peserta KPM.

"Bila ada peserta KPM yang terdaftar namun dinilai tidak layak untuk menerima bantuan (berekonomi baik) pihak Desa bermusyawarah untuk menukarnya dengan peserta dari daerah yang sama juga,"kata Porang Pane.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018