Tebing Tinggi,18/8(antarasumut)- Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tebing Tinggi menerima bantuan peralatan usaha berupa gerobak sorong, stelling dan tenda kerucut dari program corporate social responsibility (CSR) PT Inalum (Persero) dan PT Bank Sumut Cabang Tebing Tinggi melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi Tebing Tinggi.
 
Bantuan gerobak sorong sebanyak 10 unit dan stelling 50 unit dari PT Bank Sumut serta 10 unit tenda kerucut untuk pedagang lemang di perbatasan kota serta pedagang pasar kreatif dari PT Inalum (Persero) 
Bantuan diserahkan Kadis Perdagangan Syahnan Hasibuan bersama Junior Manager PT Inalum (Persero) Ganda Sukmana dan staf officer Muhammad Iqbal serta Pimpinan Cabang PT Bank Sumut Tebing Tinggi Suwandi, kepada pelaku UMK yang umumnya para pedagang kuliner dan minuman.
 
Kepala Dinas Perdagangan Syahnan Hasibuan kepada wartawan, Jumat (18/8/) di kantornya mengatakan, bantuan alat usaha yang berasal dari program CSR dua perusahaan BUMN dan BUMD bekerjasama dengan Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas Perdagangan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap perkembangan pedagang dan usaha mikro di kota Tebing Tinggi.
 
Syahnan juga mengingatkan agar penerima bantuan CSR supaya merawat, menjaga dan memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang telah diterima. “Terima dan manfaatkanlah bantuan CSR ini dengan sebaik-baiknya, dirawat dan dijaga.

jangan dijual atau ditukar dengan barang bekas, syukurilah bantuan yang diberikan ini, karena masih banyak pelaku usaha lainnya yang berharap tapi belum saatnya mereka mendapatkan bantuan. 

Dan kami ucapkan terimakasih kepada PT Inalum (Persero) dan PT Bank Sumut yang telah menyalurkan CSR-nya kepada pelaku UMKM di kota Tebingtinggi”, ujar Kadis Perdagangan Tebingtinggi.
 
Syahnan Hasibuan didampingi Ka UPT Permodalan Dinas Perdagangan, Faisal Tanjung, menyatakan bahwa Pemko Tebing Tinggi sedang merencanakan penyaluran kembali dana bergulir kepada para pelaku usaha mikro kecil di kota itu.

Penyaluran dana bergulir tersebut diharapkan mampu meningkatkan serta mengembangkan usaha para pelaku usaha mikro kecil di Kota Tebing Tinggi. “Kita berharap para pelaku usaha mikro kecil di kota ini bisa lebih maju dan berkembang”, harap Syahnan.
 
Para pelaku usaha mikro kecil penerima bantuan dari program CSR PT Inalum (Persero) dan PT Bank Sumut Cabang Tebing Tinggi tahun 2017 umumnya adalah pedagang makanan dan minuman, pedagang sarapan dan warung nasi, warung kopi, pedagang jajanan, gorengan serta minuman jus dan usaha lainnya.
 
Salah seorang pedagang lemang yang berjualan di kawasan perbatasan Tebing Tinggi – Kabupaten Serdang Bedagai, Suratin, warga Jl Gunung Arjuna Kec Rambutan Kota Tebing Tinggi mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan tenda kerucut dari PT Inalum (Persero).

 â€œSejak menerima bantuan tenda, jualan (lemang) kami jadi lebih terlihat bersih dan rapi, maklumlah lokasi jualan dipinggir jalan lintas ini kalau terlihat kotor dan berdebu, biasanya orang malas mampir, terimakasih kepada PT Inalum yang telah memberikan bantuan tenda ini”, ujarnya.
 
Senada juga disampaikan Nurlina, pedagang nasi di Pasar Sakti yang menerima bantuan gerobak sorong ini juga mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan alat usaha dari PT Bank Sumut itu. 

“Sudah lama saya berharap dapat bantuan gerobak sorong ini, akhirnya kesampaian juga, terimakasih kepada Bank Sumut dan Pemko Tebingtinggi yang sudah memberikan bantuan gerobak untuk jualan nasi ini, saya akan manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya”.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017