Medan, 14/8 (Antarasumut) – Dalam rangka mendukung produk-produk lokal Sumut, Dinas Koperasi (Diskop) dan UMKM Kota Medan mengadakan pelatihan pembinaan dan pengembangan bagi para pelaku UKM di kota Medan.

Berlokasi di Hotel Syariah Jamee Ringroad Medan, pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Diskop Sumut dan diikuti sekitar 56 pengusaha UKM dengan latar belakang jenis produk yang berbeda-beda.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 4 hari, terhitung 14-16 Agustus 2017 dan 18 Agustus 2017 di lokasi yang sama.

Adapun pelatihan ini guna memberikan pengetahuan bagi para pelaku UKM terkait pengembangan kualitas produk melalui kemasan dan packaging produk pada Dinas Koperasi UKM Medan.

“Untuk pengembangan kualitas produk ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan para pelaku UMKM meliputi target market, ergonomis, kemasan, ciri khas, ukuran, spesial pack, dan promosi”, kata Syahril Efendi, pemateri pada pelatihan tersebut.

Selain itu, katanya, kebanyakan para pelaku UKM sering sekali mengalami hambatan dikarenakan masih minim pemahaman dari segi akademik dan mereka butuh bimbingan lebih lanjut dengan pelatihan mendalam untuk mengembangkan usaha mereka.

Sebelumnya, Dinas Koperasi dan UMKM Medan sudah sering menggelar pelatihan berupa workshop dan seminar sehingga tidak sedikit pelaku UKM merasa terbantu dengan upaya dari pemerintah dalam mendukung usaha tersebut.

“Dukungan pemerintah sangat membantu perkembangan produk kami seperti bantuan alat produksi dan label-label penting untuk menunjang promosi usaha,” kata Lindawati (41), salah satu peserta pelatihan dan pemilik usaha Serabi Yolin, Senin (14/8).


Pewarta: Rizka Gusti Anggraini

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017