Medan, 18/7 (Antara) - Pemerintah Kota Medan disarankan untuk terus mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah sehingga usaha "rumahan" tersebut semakin dapat dijadikan pemicu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pengamat sosial kemasyaratakan Sumatera Utara, Azrai di Medan Selasa mengatakan, UMKM adalah sektor yang cukup membuka peluang dalam peningkatan perekonomian masyarakat asalkan benar-benar dikelola dengan baik.

Sektor UMKM juga sudah terbukti mampu bertahan di tengah-tengah terjadinya krisis ekonomi yang melanda Indonesia beberapa tahun lalu, ketika banyak perusahaan besar "karam" karena tidak mampu bertahan.

UMKM juga membuktikan sebagai salah satu utama sektor yang mampu menyerap tenaga kerja sehingga juga menjadi solusi dalam menekan tingginya angka pengangguran yang dewasa ini jumlahnya terus semakin meningkat.

"Untuk itu tentunya pemerintah terutama Pemkot Medan harus terus mendorong pertumbuhan UMKM dan selalu melakukan pendampingan sehingga UMKM itu mampu terus bertahan ditengah semakin banyaknya produk luar masuk ke Indonesia," katanya.

Kepala Seksi Promosi Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Anita mengatakan, pihaknya terus berupaya mendorong pelaku UMKM untuk berpacu melakukan berbagai pengembangan dan terobosan sehingga mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan global.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan pendampingan dalam hal promosi yakni dengan mengikutkan dalam berbagai pameran dan bazar yang bukan hanya digelar pemerintah daerah setempat, namun juga daerah lainnya, baik di Sumut maupun provinsi lainnya.

Baru-baru ini Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan juga mengikuti Inacraft 2017 pada April lalu di Jakarta yang merupakan pameran produk-produk hasil kerajinan dan UMKM terbesar di Indonesia.


Dalam pameran tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM membawa berbagai produk UMKM seperti aksesoris, makanan seperti keripik, kue kering serta Batik Medan dan Songket Deli.


"Animo masyarakat yang datang ke pameran itu cukup antusias melihat hasil produk UMKM dari Medan. Itu semua merupakan upaya kita untuk lebih mengenalkan berbagai hasil produk UMKM kita ke masayrakat luas," katanya.***3***








(T.SYS/B/A013/A013) 18-07-2017 12:21:01

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017