Medan, 1/6 (Antarasumut) - Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila bersama seluruh ASN Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di halaman apel kantor Gubernur di Jalan Diponegoro Medan, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Indonesia.

Berikut petikan pidato Presiden Joko Widodo yang dibacakan Gubsu Tengku Erry Nuradi, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir Soekarno, piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. 

Adakah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan. Kebinekaan kita sedang diuji. Saat ini, ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. 

Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

"Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui radikalisme, konflik sosial, terorisme, dan perang saudara," katanya.

Pewarta: Bintang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017