Medan, 30/5 (Antara) - Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) bekerjasama dengan Orangutan Republic Foundation (OURF) memberikan beasiswa "Peduli Orangutan" kepada dua belas mahasiswa dari berbagai universitas.

Direktur YOSL-OIC Panut Hadisiswoyo di Medan, Selasa, mengatakan, pihaknya bersama OURF memberikan beasiswa tersebut dengan tujuan untuk menciptakan generasi muda yang peduli dan berkomitmen pada keberadaan juga pelestarian orangutan Sumatra yang mulai terancam punah.

Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang universitasnya telah menjalani kerjasama dengan YOSL-OIC yakni .

Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh, Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIK) Pante Kulu,Universitas Sumatra Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), dan Universitas Medan Area (UMA).

Beasiswa Peduli Orangutan membiayai SPP selama maksimal empat tahun, biaya penelitian dan penulisan skripsi, biaya koas/magang bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan.


Beasiswa itu hanya terbuka bagi mahasiswa tahun I, II, dan III jurusan Biologi, Kehutanan, dan Kedokteran Hewan dan memiliki IPK minimal 2,75.


Beasiswa itu juga dilaksanakan bekerjasama dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara dan Aceh.


Sementara Presiden OURF Gary Shapiro mengatakan pihaknya telah menjadi sponsor program beasiswa itu selama duabelas tahun, dan akan terus mendukung program beasiswa tersebut agar tetap ada ditahun-tahun berikutnya.


Sebanyak 105 mahasiswa yang telah menerima beasiswa tersebut sejak tahun 2006 hingga 2017, dan 64 diantaranya sudah menyelesaikan pendidikan S-1 mereka dan bekerja di beberapa lembaga nirlaba yang bergerak di pelestarian orangutan dan lingkungan di Sumatra Utara dan Aceh," katanya.***4***








Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017