Simalungun, 13/5 (Antarasumut) - Mantan para penyuluh pertanian yang tergabung di wadah Persatuan Pensiunan Penyuluh Pertanian se-Sumatera Utara (P4SU), menggelar silaturahmi di wisma Pora-pora Pemprovsu, Parapat, Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sabtu.
      Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga memotivasi para pensiunan penyuluh pertanian untuk tetap semangat dan menjadi petani modern.
     "Jadilah motivator di tengah-tengah masyarakat, khususnya bagi para petani, sehingga pertanian di daerah tetap maju," kata mantan Dinas Pertanian dan Dins Perkebunan Pemkab Simalungun itu.
     Para pensiunan penyuluh juga diharapkan untuk menjadi petani-petani yang tangguh dan maju serta turut memperhatikan petani agar para petani meningkatkan kesejahteraannya.
     "Kita juga bisa menjadi kader petani, tetapi petani yang modern. Semangat penyuluh itu diharapkan tidak pernah pensiun," kata Amran.
     Amran mengingatkan peran penyuluh sangat diperlukan untuk mengawal kedaulatan pangan pada tahun 2045, sebagaimana yang telah diprogramkan oleh Pemerintah Pusat.
     Untuk itu, Wakil Bupati Simalungun juga meminta kepada pengurus agar forum silahturrahmi P4SU terus berlanjut, dan diharapkan menjadi wadah para pensiunan penyuluh untuk terus berkiprah dalam memajukan pertanian.
     Penasehat P4SU, Lias Ritonga mengatakan, silaturrahmi dan temu kangen para penyuluh dirangkaikan dengan syukuran diadakan karena satu penyuluh telah menjadi Wakil Bupati Simalungun.
     "Saya berharap kedepan dari penyuluh, tidak hanya menjadi wakil bupati, tetapi menjadi bupati," kata Lias.
     Pengurus P4SU, Edi Sudarjo mengatakan, pertemuan silahturahmi P4SU tersebut merupakan pertemuan kedua yang dilaksanakan di kota Wisata Parapat sebagai bentuk dukungan pengembangan pariwisata di kawasan Danau Toba.
      Silaturahmi P4SU dihadiri  para pensiunan penyuluh dari Langkat, Medan, Deli Serdang, Batu Bara, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu dan Langsa (Aceh).

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017