Tapanuli Selatan,5/5(Antarasumut)-Bupati Syahrul M Pasaribu memimpin langsung rombongan Pemkab Tapanuli Selatan menuju Pekan Nasional (Penas) KTNA ke XV tahun 2017 di Aceh.

Sebelum menuju Aceh Besar sekitar pukul 10:00 Wib dari halaman kantor Bupati, di Padangsidimpuan, Kamis, Bupati Syahrul memberikan arahan kepada seluruh rombongan 'Mar-Mar Style' berjumlah 51 orang.

"Menuju Aceh besar rombongan lintas darat dengan rute Tapsel- Sibolga- Barus (Tapanuli Tengah)- Subulusssalam lalu Aceh Singkil," katanya.

Selama perjalanan menyusuri Pantai Barat Provinsi Sumatera Utara dan Aceh seluruh  tim 'Mar-Mar Style' diminta untuk berhati-hati dan menaati seluruh rambu-rambu sepanjang jalan.

"Apalagi perjalanan darat ini memiliki jarak cukup panjang mencapai ribuan kilomter dan memakan waktu jarak tempuh lebih kurang 20 jam,"sebutnya.

Bupati mengatakan perhelatan tiga tahunan tersebut  akan dibuka Presiden RI Joko Widodo, 6-11 Mei 2017.

Menurutnya Tapanuli Selatan bersama Simalungun dan Dairi akan menjadi pengisi utama stand pameran Pemprov Sumut.

Jumlah rombongan Pemkab Tapsel menuju Penas XV lebih dari 90 orang, dari peserta ada berjumlah 20 orang, 15 pendamping dan lebih lima puluhan peninjau yang berasal dari berbagai elemen.

Peserta utama Penas KTNA tersebut yakni Kelompok Wanita Tani, Kelompok Tani, Ikatan Petani Alumni Magang Jepang dan Thailand, pasukan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya, dan Perhimpunan Penyuluh Pertanian.

Sementara pendamping dari Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Dinas Kesehatan. Peninjau berasal dari berbagai elemen pertanian, pemerintah daerah dan DPRD, pihak Perusahaan swasta daerah itu seperti dari ANJ Agri.

"Tujuan Penas ini penting dalam rangka mempertemukan petani dan pemerintah daerah se Indonesia. Sehingga saling tukar informasi teknologi pertanian,"terangnya.

Provinsi Sumatera Utara dalam Penas tersebut juga akan mempresentasikan produk unggulan dari Tapsel semacam bubuk kopi dari biji salak.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017