Samosir, 28/4 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Samosir, melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga menyelenggarakan kejuaraan lomba perahu naga terbuka (Samosir Dragon Boat Open) tahun 2017, 28-29 April.
     Kejuaraan yang diikuti 26 tim perahu naga dari berbagai kabupaten kota di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh itu dilaksanakan di Pelabuhan Onan Baru Pangururan, Jumat.
      Sebanyak 17 tim tuan rumah (dari Kabupaten Samosir) dan sembilan dari Kota Medan, Tanjung Balai, Sibolga, Kabupaten Batubara, Serdang Bedagai, Humbahas, Tobasa, dan Simeulue Aceh memulai lomba dari pesanggarahan dan finis di pelabuhan Onan baru dengan lintasan lomba sepanjang 800 meter.
      Kejuaraan dibuka Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan dihadirti Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga, Dispora Sumut, Koramil 03 Pangururan, Polres, Plt Sekda, Ketua Koni Samosir, Pimpinan SKPD dan para Camat.
       Khusus kepada tim dragon boat yang berasal dari luar Samosir, Bupati menyampaikan selamat datang dan dipersilakan menikmati keindahan Danau Toba. 
     Untuk seluruh tim, Bupati menyampaikan selamat berlomba, dan berpesan untuk menjunjung tinggi dan mengedepankan sikap sportifitas dalam meraih prestasi. 
      Kejuaraan itu merupakan ajang pembinaan bagi atlet-atlet dayung yang nantinya dapat mengikuti berbagai kejuaraan di tingkat Nasional maupun Internasional. 
      "Kejuaran dayung merupakan tradisi di Samosir maupun di kawasan Danau Toba. Untuk itu harus dilestarikan dan dikembangkan," ujar Rapidin.
     Pelaksanaan hari pertama lomba dragon boat mendapat respon positif dan antusias dari masyarakat, khususnya saat  memberikan dukungan kepada seluruh peserta lomba dayung.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017