Rantauprapat, 8/4 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu pada ajang Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46 memperkenalkan  berbagai macam makanan daerah, diantaranya oleh-oleh khas yang bernama 'stik Starubuk'.

Makanan ringan siap saji berbahan dasar ikan terubuk ini buatan Mahasiswi USU jurusan Kimia ini, dijual dengan harga Rp25 ribu/bungkus 150 gram menghiasi paviliun Pemkab Labuhanbatu.

Yilga Cindya Munthe warga Jalan Batu Sangkar Kota Rantauprapat penemu stik Starubuk, Sabtu, menuturkan makanan ini bergizi dan sehat terbuat dari daging Ikan Terubuk, Tepung Ketan, Bawang Merah, Bawang putih, Garam dan Minyak Goreng ini merupakan binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Labuhanbatu.

Mahasiswa semester akhir ini menjelaskan, pemasaran dan penjualannya masih secara on-line dan pesanan dari pembeli. 

Selama menjalani perkuliahan yang dibiayai Pemkab Labuhanbatu kuliah memang digembleng untuk menjadi wirausaha dan siap menciptakan suatu produk yang berguna.

Pemkab Labuhanbatu pada PRSU di Medan juga memamerkan produk unggulan dan potensi daerah yakni kue bawang, kue bawang ubi ungu, aneka kue lebaran, sirup nenas, minuman kencur, kue jahe, selai nenas, dodol nenas, selai ikan terubuk, aneka ikan kering panai dan beras kuku balam produksi Kecamatan Panai Hilir.

Untuk hasil kerajinan binaan Dekranasda Kabupaten Labuhanbatu yang dipimpin Siti Awal Siregar, juga menampilkan songket tenunan Labuhanbatu, miniatur topi adat dari tenunan, tas akrilik, aksesoris akrilik, kipas lukis, tas daur ulang, tas benang kur dan lidi hias yang cukup menarik dan banyak diminati para pengunjung.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017