Samosir, 22/3 (Antarasumut) - Pemkab Samosir menggelar Musrenbang penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018 di Hotel JTS Parbaba, Pangururan, Rabu.
      "RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2018 difokuskan pada peningkatan sektor pertanian dan pariwisata," kata Wakil Bupati, Juang Sinaga menyampaikan amanat Bupati Samosir, Rapidin Simbolon.
      Dikatakan, pembangunan di sektor pertanian yang merupakan sumber utama mata pencaharian penduudk menempati urutan pertama, sedangkan sektor pariwisata menjadi urutan yang utama dalam pembangunan dengan modal  keindahan alam dan budaya yang unik.
     Sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat untuk mengembangkan kawasan Danau Toba, Pemerintah Kabupaten Samosir masih membutuhkan perhatian dalam peningkatan infrastruktur jalan di daerah itu.
     Untuk itu, Juang mengharapkan pengalokasian dana dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam bidang pariwisata, pertanian, perhubungan, kesehatan, pendidikan, cipta karya, pengairan, pertambangan, energi, sosial, tenaga kerja.
     Pemerintah Kabupaten Samosir juga mengajak kepala daerah kawasan Danau Toba untuk bekerja sama membangun kawasan Danau Toba, terkhusus untuk mendukung percepatan Geopark Kaldera Toba menjadi anggota Unesco Global Geopark (UGG).
     Juang juga menekankan agar SKPD Kabupaten Samosir menyusun rencana kerja yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat guna mendukung visi Kabupaten Samosir, yaitu terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pariwisata dan pertanian.
       Masyarakat Samosir juga diajak untuk mendukung pembangunan dan program nasional di Kabupaten Samosir, antara lain pembangunan kanal atau terusan tano ponggol, dan jalan ringroad Samosir.
     Pembukaan Musrenbang ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati, yang dihadiri Kepala Biro Otda Setdaprov Sumatera Utara, FKPD Kabupaten Samosir, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I Kementerian PUPR, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera II, Direktur Badan Otorita Pengelolaan Kawasan Pariwisata Danau Toba, SKPD Provinsi Sumatera Utara, Sekdakab Samosir, para staf ahli Bupati, para asisten, SKPD Samosir.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017