Tanjungbalai, 9/3 (Antara) - Pemkot Tanjungbalai mengajak pemuda dan KNPI untuk memadukan pola gerakan antara mobilisasi kepentingan masyarakat ke dalam kebijakan pembangunan, politik masyarakat dan kontrol kebijakan pemerintah daerah.

Wali Kota Tanjungbalai Muhammad Syahrial di Tanjungbalai, Kamis, mengatakan, pihaknya berharap pemuda dan pembangunan daerah hendaknya sejalan dengan semangat desentralisasi berupa pelimpahan kekuasaan dan wewenang yang lebih luas kepada pemerintah daerah.

Dalam acara pelantikan DPD KNPI Kota Tanjungbalai itu, Syahrial menyatakan bahwa pemuda sebagai elemen penting masyarakat sehingga sudah sepatutnya memaknai, mewarnai dan terlibat dalam setiap kebijakan pembangunan yang dilakukan pemerintah.

"Pemuda yang bernaung dalam wadah KNPI diharapkan bisa memosisikan diri dan mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan daerah yang saat ini sedang dan akan dilaksanakan Pemkot Tanjungbalai," katanya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Tanjungbalai Mahyaruddin Salim Batu Bara mengatakan, pihaknya akan menjadi sosial kontrol terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah daerah untuk mewujudkan Kota Tanjungbalai Bersih.


Pemuda/KNPI siap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan program pemerintah yang pro rakyat demi menyejahterahkan masyarakat Kota Tanjungbalai.


"Namun sebaliknya, jika ada program-program yang dianggap kurang menyentuh terhadap kebutuhan masyarakat, kami juga siap mengkritisi secara konstruktif dengan melakukan diskusi-diskusi kepada Pemkot Tanjungbalai," kata Mahyaruddin Salim.


Ia melanjutkan, menyikapi dinamika kenegaraan hari ini sangat dibutuhkan forum-forum yang dapat menjadi penghubung dan silaturahim sebagai cara untuk mengindari perpecahan, diskomunikasi yang bisa berdampak munculnya konflik sosial.


Selain mengakomodir dari seluruh perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda, DPD KNPI Tanjungbalai periode 2016-2019 juga telah mengakamodir pemuda dari lintas suku dan agama serta golongan.


Pengurus tersebut dilantik oleh Ketua DPD KNPI Provinsi Sumatera Utara Sugiat Santoso, dengan susunab kepengurusan Mahyaruddin Salim Batu Bara (Ketua), Sekretaris Suaib, Bendahara Aswat Simatupang dan dilengkapi dengan pengurus lainnya. ***4***


(T.KR-YWK/C/I023/I023) 09-03-2017 22:24:25

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017