Tapanuli Selatan,28/2(Antarasumut)- Bupati Syahrul M.Pasaribu mengukuhkan Pengurus Asosiasi Pemerintahan Desa (APD) Kabupaten Tapanuli Selatan periode 2017-2023.

Pengukuhan yang dihadiri seluruh 212 kepala desa itu dilangsungkan di ruang rapat Kantor Bupati Tapsel Lantai III, Sipirok, Selasa (28/2) ditandai penandatanganan berita acara pengukuhan oleh Bupati selaku ketua dewan pembina.

Bupati dalam bimbingan dan arahannya mengatakan APD berfungsi sebagai fasilitator dan dinamisator ditengah-tengah masyarakat dalam rangka mendukung percepatan pembangun.

Bupati juga mengajak seluruh kepala desa untuk bekerja keras membangun sinergitas dan kekompakan untuk mewujudkan desa mandiri sesuai salah satu nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo membangun dari desa.

Dalam hal penggunaan dan desa Bupati mengingatkan kepada seluruh kepala desa untuk tidak bermain-main dengan dana desa dan tetap mengedepankan aturan main sesuai aturan yang ada dan harus bertanggung jawab.

Dingatkan juga kehadiran APD bukan untuk gagah-gagahan. Disarankan juga para kepala desa menggunakan IT untuk mempermudah hubungan komunikasi.

Pengukuhan ini dihadiri Wakil Bupati Aswin Efendi Siregar, Forkopinda, Kapolres, Dandim, Kejaksaan Negeri, DPRD, Pejabat Eselon II, Sekda, Camat dan pejabat lainnya.





Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roni Samtana salah satu pembina APD dalam sambutannya meminta para kepala desa bisa menyamakan persepsi untuk kepentingan masyarakat.

"Saya juga meminta semangat kepala desa semua sama harus sama bersifat membangun dan melayani masyarakat desa,"katanya.

Kapolres juga berharap kehadiran APD sebagai sarana intropeksi diri, saling mengingatkan, dan tak kalah pentingnya bermanfaat saling membagi pengalaman, pengatahuan dibalik karakteristik yang berbeda, tentu dalam hal positif.

"Jangan kehadiran APD hanya bersifat seremonial, pengurus dituntut bekerja dengan iklas, bekerja keras karena pekerjaan ini sebuah pengorbanan demi untuk masyarakatn,"pungkasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017