Aekkanopan, 28/2 (Antarasumut) - Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H Kharuddin Syah SE bersama dengan Dandim 0209/LB Letkol Czi Deden Sumarlin serta sejumlah pejabat lainnya melaksanakan panen perdana di Dusun Tapian Nauli Desa Parpaudangan Kecamatan Kualuhhulu.
 
Panen raya secara simbolis dilakukan bupai, Dandim, Wabup Drs Dwi Prantara MM, Kadis Pertanian Henri Simarmata SP, Camat Kualuhhulu  John Fery SSTP, Danramil 01/AK dan lainnya.

Dalam sambutannya bupati mengatakan, pemerintah sangat mendukung program pertanian yang ada. Karena itu ia menyatakan dalam rangka mendukung program swasembada pangan, kita tidak boleh lengah.

 â€œDalam rangka mendukung program swasembada pangan kita tidak boleh lengah, tetapi harus tetap bersemangat dan bisa menjadi motivator bagi para petani,” katanya sambil menyebutkan untuk memetik hasil terbaik pemerintah akan memberikan bibit terbaik dan alat pertanian.

Selain itu, ia juga berjanji akan mengaspal Dusun Tapian Nauli secara bertahap dan melakukan pencoran beton. 

Namun ia meminta agar masyarakat tidak meminta ganti rugi atas tanah atau tanaman yang terkena dalam rangka melaksanakan pembangunan nantinya.

Sementara Dandim 0209/LB pada kesempatan itu memberikan penekanan dan motivasi kepada para Babinsa untuk mendukung program swasembada pangan di wilayah desa binaan masing-masing.

" Diharapkan apa yang jadi target oleh komando atau pemerintah bisa tercapai dengan baik dan berjalan dengan lancar. Untuk mendukung program tersebut serta untuk mencapai target, saya yakin Babinsa selalu memberikan pendampingan baik secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses,” katanya.

Ia juga mengajak petani menanam padi secara serentak dan bersama-sama. Kemudian dilakukan pendampingan sehingga hasil panen lebih baik. 

"Dengan hasil yang bagus diharapkan membawa keuntungan bagi para petani karena semua tata cara kelola sudah sesuai anjuran dan arahan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) maupun Babinsa," ujarnya.

Masyarakat petani  melalui Ketua Kelompok Tani Pontas Pasaribu  sangat berterima kasih kepada Pemkab Labura dan Koramil 01/AK  karena sudah memperhatikan kelompok tani di dusun itu, memberikan sarana yang baik, bibit padi yang unggul, dan pupuk.

Diharapkan kedepan petani Tapian ini masih selalu diperhatikan oleh Pemkab Labura. “Saya sangat senang  dengan kehadiran PPL, Babinsa di desa kami yang selalu membantu para petani maupun masyarakat dan tidak pernah mengeluh, selalu semangat dan setia mendampingi para petani mulai dari awal pengolahan sampai dengan panen,” katanya.
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017