Tebing Tinggi,22/1(antarasumut)- KPUD Tebing Tinggi selenggarakan Bimbingan Teknik (Bintek) bagi PPS dan KPPS  se Kota Tebing Tinggi tentang pemungutan dan perhitungan suara Pilkada tahun 2017.

Bintek dibuka Ketua KPUD Tebing Tinggi A.Khoir didampingi para Komisioner, Minggu (22/1) di Aula Gedung Mangapul Tua.

A.Khoir menyampaikan Bintek ini sangat penting mengingat anggota KPPS yang saat ini akan bertugas dalam Pilkada 2017, 90% adalah orang-orang baru.

Berdasarkan pengalaman pada pilkada yang sebelumnya tingkat kesalahan yang terjadi atas perhitungan suara pada KPPS, ujarnya.

Dikatakannya KPPS adalah merupakan garda terdepan KPU, bukan hanya KPU Tebing Tinggi tetapi juga KPU RI, dan tigas yang dilakukan adalah merupakan pengabdian kepada Bangsa dan Negara khususnya Kota Tebing Tinggi.

Diharapkan A.Khoir kepada PPS dan KPPS tetap menjaga integritas,dan berlaku netral dengan tidak mengarahkan pemilih untuk mencoblos kertas suara kolom yang tidak bergambar paslon atau yang ada gambar paslonnya.

Diingatkannya sukses atau tidaknya Pilkada ini seberapa banyak warga yang ikut berpartisipasi mengikuti Pilkada tersebut, partisipasi warga tertinggi tahun 2014 80 %, 2005 menurun 60 %, 2011 tambah menurun 55 % dan target kita 2017 77,5 %.

Sebelumnya Ketua Panitia H.Ahmad Nurdin dalam laporanya Bintek ini dilakukan dalam tiga gelombang, dan diawali PPS dan KPPS se Kecamatan Padang Hulu yang diikuti 302 peserta dan berlangsung mulai 22 - 24 Januari 2017.

Bintek bertujuan msningkatkan pemahaman tentang pemungutan dan perhitungan suara pada Pilkada Pemilihan Walikota/Wakil Walikota Tebing Tinggi Tahun 2019.

Bintek diisi dengan paparan secara teknik oleh narasumber para anggota komisioner KPUD Bukhori, Ridwan Napitupulu,Wal Asri, Zulkifli.M.Hasan dan A.Khoir.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017