Waykanan, 10/10 (Antara) - Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung mendata hingga saat ini ada 1000 koperasi dan 5000 unit UMKM dan diprediksi akan terus meningkatkan pada awal tahun 2017 mendatang.

"Jumlah ini hanya sementara, nanti pasti akan naik lagi karena  per Oktober 2016 belum mendapatkan laporan dari camat yang ada di Kabupaten Waykanan," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Waykanan, Achmad Gantha, di Waykanan, Senin.

Menurut dia, UMKM dapat dikelompokan menjadi empat yaitu, 3000 unit bergerak di bidang usaha makanan dan minuman, 500 unit di bidang jasa, 300 industri pengelolaan dan 700 di bidang sektor bahan bangunan sedangkan sisanya masih akan dilakukan pendataan.

Selain itu, lanjut dia, dengan banyaknya koperasi dan UMKM  dapat mengurangi jumlah pengangguran  karena semakin luas terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Banyaknya koperasi dan UMKM dapat mengurangi pengangguran, karena sedikit demi sedikit masyarakat mulai bekerja walaupun hasilnya masih jauh di bawah standar," jelas dia.

Pewarta: .

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016