Bandung, 28/9 (Antara) - Marlando Sihombing, peraih medali emas PON 2016 cabang olahraga biliar nomor english billiar divisi snooker untuk Sumatera Utara, mengaku sudah sejak kecil dikenalkan biliar oleh ayahnya Saut Sihombing.

Ditemui di Bandung, Rabu, Marlando yang asal Sidikalang itu mengatakan, sosok sang ayah diakuinya yang paling berpengaruh dalam perjalanan kariernya hingga menjadi andalan Sumatera Utara.

"Awalnya kenal biliar itu ayah yang mengenalkan, kebetulan ayah memang suka biliar. Ketika kecil pun pernah dibuatkan replika meja biliar dan bolanya kelereng," katanya.

Dari biliar replika tersebut, Marlando belajar dasar-dasar biliar. Berselang waktu, perkembangan permainan biliar mulai memasuki Sidikalang yang merupakan kota kelahirannya dan langsung membuat Marlando jatuh hati pada olahraga itu.

Kegemarannya itu bahkan membuat Marlando rutin bermain biliar setiap pulang sekolah hingga larut malam.

"Ketika SMA baru kenal biliar yang asli, ikut kawan-kawan main dan langsung jatuh cinta. Jadi setiap sekolah bawa baju ganti biar dan pulang ke rumah ganti baju biar main biliar. Bisa sampai larut malam, makanya sering ngantuk-ngantuk juga kalau sekolah," katanya.

Perjalanan kariernya bukan tanpa hambatan, sejak aktif mengikuti beberapa kejuaraan antardaerah, Marlondo beberapa kali tidak meraih prestasi, selain itu ibunya sempat tidak mendukung hobinya tersebut.

Namun kini, ibunya bisa bangga dengan pilihannya tersebut.

"Awalnya mama sempat tidak setuju. Tapi lama-lama aku buktikan pilihanku tidak salah dan sudah bisa buktikan ke mama dan ayah. Semuanya ini buat keluarga," katanya.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016