Sidikalang, 26/9 (Antarasumut) - Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang menyampaikan, Pesta Njuah-juah untuk menumbuh kembangkan kebudayaan sehingga masyarakat mencintainya, dan dapat sebagai filterisasi derasnya globalisasi. 

Apalagi sekarang sudah masuk pasar bebas, dan diharapkan kebudayaan menjadi penyaring pengarus budaya asing. 

Sebab, menurutnya, budaya menunjukkan jati diri dan identitas bangsa. Bila budaya tidak dilestarikan, akan tergilas oleh derasnya globalisasi tersebut.

Kecepatan informasi sekarang, baik media cetak, eletronik dan media sosial, sangat berdampak bagi kehidupan sehari-hari, baik hal yang buruk maupun yang baik. 

"Media cetak dapat menyakitkan hati melalui pemberitaan yang belum pasti kebenarannya, demikian juga media sosial, yang membuat manusia sekarang tidak bersosial dan bahkan dapat terjerumus," ucap Johnny.

Untuk itu kemajuan sangat perlu dihayati dan difilter melalui budaya, karena  budaya menunjukkan jati diri dan identitas bangsa. 


"Selain menjadi filterisasi, budaya juga dapat menigkatkan pendapatan pemerintah maupun masyarakat melalui usaha kreatif. Jadi, tidak ada alasan tidak melestarikan budaya," katanya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016