Nias Selatan, Sumut, 16/9 (Antara) - Sebanyak 61 peselancar mengikuti perlombaan yang digelar dalam Pesta Yaahowu di Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Dari jumlah tersebut, terdapat peserta Australia (tujuh orang), Venezuela (satu orang), dan USA (satu orang),kata Ketua Panitia Kejuaraan Selancar Pesta Yaahowu Konelio Zagato kepada Antara di Nias Selatan, Jumat.

Selebihnya dari Tanah Air, termasuk peselancar di Kepualuan Nias sendiri.

Konelioa mengatakan, perlombaan selancar tersebut diselenggarakan di Pantai Sorake di Kecamatan Luaha Gundre Maniamolo yang memiliki ombak cukup bagus.


Perlombaan tersebut telah dimulai pada 15 September yang diawali dengan babak penyisihan. Disebabkan keterbatasan waktu dan pemilihan ombak, pihaknya melanjutkan babak penyisihan pada 16 September.


Setelah mendapatkan 10 peselancar yang lolos dari babak penyisihan, pihaknya melaksanakan tahap quarter final Sabtu (17/9) pagi.


Sedangkan menjelang siang, akan dilaksanakan grand final yang dilanjutkan dengan penyerahan piala bagi pemenang perlombaan.


"Rencananya, besok hadiahnya diserahkan pak menteri. Kalau tidak pak Luhut Panjaitan (Menko Kemartiman), mungkin Menteri Pariwisata Arief Yahya," katanya.


Selain 61 peselancar senior, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan selancar eksebisi untuk tingkat junior yang diikuti 38 orang.


"Kegiatan ini sudah lama tidak diselenggarakan disini. Jadi, kami buat eksebisi untuk membangkitkan semangat peselancar junior," kata Konelio Zagato. ***1***





(T.I023/B/H005/H005) 16-09-2016 19:30:34

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016