Dairi, 16/2 (Antarasumut) - Dinas Pertanian Dairi akan memaksimalkan seluruh Kelompok Tani (Poktan) dengan berbagai kegiatan dan pemberian bantuan stimulan alat mesin pertanian.

"Dengan jumlah Poktan yang tersebar di seluruh kecamatan, program ketahanan pangan dapat dicapai serta memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Dairi," kata Kepala Dinas Pertanian Dairi Ir Herlina Lumban Tobing.

Ia mengatakan dari 1326 jumlah Poktan yang ada di Kabupaten Dairi diharapkan dapat menerapkan system Poktan yang sudah disampaikan para PPL di seluruh desa.

"Kelompok Tani merupakan wadah belajar mengajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta tumbuh dan berkembangnya kemandirian dalam berusaha tani sehingga produktivitasnya meningkat, pendapatannya bertambah serta kehidupan yang lebih sejahtera," katanya.

Menurut dia, poktan merupakan kumpulan petani-nelayan yang didasarkan atas kesamaan, keserasian satu lingkungan sosial budaya untuk mencapai tujuan yang sama.

Beranggotakan petani-nelayan, berhubungan erat sesama anggota, mempunyai pandangan, kepentingan yang sama dalam mengelola usaha taninya, kesamaan jenis komoditas usaha, usaha tani yang diusahakan sebuah ikatan fungsional atau bisnis, serta mempunyai tujuan yang sama.

"Kita sangat mengharapkan Poktan memiliki kemampuan merencanakan kegiatan untuk meningkatkan produktivitas, dengan penerapan rekomendasi yang tepat dan memanfaatkan sumberdaya alam secara optimal," katanya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016