Sidikalang, 11/1 (Antarasumut) - Dinas Pertanian Dairi akan meningkatkan pemantauan terhadap gejala-gejala serangan hama yang mungkin akan terjadi pada padi gogo dan padi sawah tahun ini. 

"Pemantauan tersebut diharapkan dapat memberikan kesejahteraan terhadap petani sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap program Upaya Khusus (Upsus) pemerintah Indonesia," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dairi, Bintoha Angkat.

Ia mengatakan pihaknya akan meningkatkan penanganan terhadap penanggulangan hama pada tanaman sesuai dengan rekomendasi dan petunjuk dari petugas pengendali.

Sesuai dengan ubinan statistik Kabupaten Dairi, data sementara menunjukkan ada peningkatan produksi padi sebesar 54,93 tahun 2015 dari 54,2 kwintal (kw)/ha tahun 2014.

"Untuk padi gogo meningkat 31,15 kw/ha dan pada sawah 57,74 kw/ha," katanya.

Ditambahkan Bintoha, langkah kenaikan produksi akan tetap mereka tingkatkan dengan berbagai program termasuk pelibatan Kodim 0206/Dairi. 

Diakuinya, peningkatan produksi itu sangat dipengaruhi oleh para petani kembali menanam padi pada sawah yang selama ini telah mengganti tanaman mereka.

"Kami akan tetap meningkatkan penyuluhan, pemberian benih, perbaikan irigasi tertier, pemberian bantuan pupuk, pemberian alat mesin pertanian," katanya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016