Gunungsitoli, 23/1 (Antarasumut) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Gunungsitoli menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua dan Sowa’a Laoli, SE, M.Si (LASO) sebagai peraih suara terbanyak pada pemilihan  Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli tahun 2015.

Paslon nomor urut 2 atau LASO ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak pada rapat pleno terbuka, yang digelar KPU Kota Gunungsitoli di Wisma Soliga, Jalan Diponegoro, Desa Miga, Kota Gunungsitoli.

Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sokhiatulo Harefa yang ditemui usai rapat pleno penetapan memberitahu, hasil penetapan akan disampaikan KPU kepada DPRD Kota Gunungsitoli dalam waktu dekat untuk proses pelantikan.

“Kita masih belum tahu kapan jadwal pelantikan, karena penetapan hari ini akan kita sampaikan hasilnya kepada DPRD Kota Gunungsitoli dahulu. Penetapan hari ini kita lakukan sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), dimana kemarin MK telah memutuskan menolak gugatan salah satu paslon dan meminta agar paslon LASO ditetapkan sebagai peraih suara terbanyak,” ujar Ketua KPU Kota Gunungsitoli.

Disinggung apakah ada gugatan lainnya yang dilayangkan paslon yang kalah, Ketua KPU Kota Gunungsitoli mengatakan bahwa hingga pada penetapan mereka belum mendapat informasi.

Di tempat yang sama, calon Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si mengatakan sangat bersyukur, karena pleno penetapan mereka sebagai calon terpilih atau peraih suara terbanyak oleh KPU Kota Gunungsitoli telah terlaksana dengan baik.

“Ini merupakan kebahagiaan yang kami tunggu tunggu sejak tanggal 9 Desember 2015 yang lalu. Kami berharap, kami yang terpilih benar benar merupakan harapan rakyat untuk membangun Kota Gunungsitoli 5 tahun ke depan,” tutur Sowa’a.

Tidak lupa dia berharap, setelah penetapan mereka sebagai peraih suara terbanyak, semua proses dianggap selesai, dan tidak ada lagi perbedaan ditengah tengah masyarakat Kota Gunungsitoli. Dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan bergandengan tangan membangun Kota Gunungsitoli selama mereka memimpin.

“Kami yakinkan masyarakat Kota Gunungsitoli, membangun Kota Gunungsitoli bukan hanya pekerjaan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Tetapi, harus membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dengan bergandengan tangan membangun Kota Gunungsitoli kedepan,” ucap Sowa’a.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016