Lubukpakam, Sumut,   (Antara) - Dinas Kesehatan Deliserdang, Sumatera Utara, membuka 11 klinik "Voluntary Conseling and Testing" untuk konseling dan pemeriksaan HIV/AIDS secara gratis.


Sekretaris Dinas Kesehatan Deliserdang Ade Budi Krista di Lubukpakam, Kamis, mengatakan, ke-11 klinik Voluntary Conseling and Testing (VCT) tersebut berada di RSUD Lubukpakam, Puskesmas Tanjung Morawa, Bandarbaru, Sibolangit, Bandar Khalipah, Araskabu, Lubuk Pakam, Galang, Patumbak, Mulyorejo, Pancurbatu, dan Puskesmas Talun Kenas.


"Itu kita lakukan agar masyarakat penderita HIV lebih mudah untuk konseling tentang HIV/AIDS. Itu juga bagian dari tindakan preventif penanggulangan HIV/AIDS," katanya.


Ia mengatakan, pada Desember 2015 juga telah dilakukan pelatihan terhadap petugas dari 11 puskesmas baru untuk layanan HIV oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Deliserdang yaitu Puskesmas Biru-biru, Karanganyar, Kenangan , Pematang Johar, Batang Kuis, Tanjung Rejo, Namurambe, Bangun Purba, Deli Tua, Hamparan Perak, dan Tiga Juhar.


Sementara kegiatan untuk penanggulangan HIV/ AIDS juga dilakukan sosialisasi IMS dan HIV/AIDS ke SMA sederajat, soaialisasi dan pemeriksaan IMS dan HIV/AIDS ke lokasi-lokasi risiko tinggi pengembangan layanan Infeksi Menular Seksual (IMS).


"Untuk pengobatan penderia HIV/AIDS sudah tersedia di RSUD Deliserdang, juga sebagai pusat rujukan dari beberapa puskesmas yang telah menjadi satelit untuk pengobatan tersebut yaitu Puskesmas Tanjung Morawa, Bandarkhalipah, Patumbak, dan Puskesmas Galang," katanya. ***4***


(T.KR-JRD/B/I023/I023) 21-01-2016 23:00:57

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016