Sidikalang, 17/11 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Dairi diwakili oleh Rumah Sakit Umum Dairi (RSUD) bekerjasama dengan PT. Bayer melaksanakan kegiatan pemeriksaan gratis terkait penyakit Osteoporosis (pengeroposan tulang) di gedung Balai Budaya Kabupaten Dairi, Selasa.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos, Ketua PKK Ny. Dumasi Sianturi, Wakil Ketua PKK Ny. Marni Sagala, Ketua Dharma Wanita Ny. Neni Tinambunan br. Sianturi, RSUD diwakili oleh dr. Hendrik Manik, perwakilan PT. Bayer, Hendra Hidayattulloh, SKPD, TNI/Polri dan Undangan.

Osteoporosis merupakan suatu penyakit rapuh tulang yang ditandai dengan hilangnya kepadatan tulang sehingga tulang mudah patah serta tidak tahan dengan benturan ringan.

Sebenarnya osteoporosis tidak hanya menimpa kaum wanita saja, pria juga dapat mengalami penyusutan kepadatan tulang setelah mencapai usia tua. Akan tetapi wanita memiliki peluang sangat besar dibanding pria, karena penyusutan tulang sangat banyak dipengaruhi oleh hormon estrogen.

Perwakilan PT. Bayer, Hendra Hidayattulloh dalam arahannya menyampaikan pencegahan osteoporosis tidak bisa dilakukan secara instan harus dimulai sejak usia dini dengan pemenuhan asupan nutrisi secara baik, khususnya pemenuhan kebutuhan kalsiumnya.

Selain dengan cara mencukupi kebutuhan nutrisi harian, osteoporosis dapat dicegah dengan tidak mengkonsumsi lemak berlebihan dikarenakan lemak mengikat kalsium sehingga akam menghambat penyerapan kalsium pada tulang.

"Saya merasa bangga melihat beliau (Bupati Dairi) pada umur yang sudah lanjut kondisi fisik dan juga kondisi tulang masih normal sekitar 110% dan juga masih sangat sehat itu disebabkan asupan nutrisi yang baik serta olahraga yang rutin," katanya setelah proses pemeriksaan kondisi fisik dan tulang dari Bupati Dairi KRA. Johnny Sitohang Adinegoro, S.Sos selesai.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015