Nias Utara, 30/10 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Nias Utara mengadakan Rapat Kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Nias Utara tahun 2015 pada hari Kamis, 29 Oktober 2015 di Gedung Serba Guna Gereja BNKP Jemaat Yubileum Hilimaziaya, yang dibuka secara langsung oleh Bupati Nias Utara.

Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial/Filifo Harefa, SH dalam laporannya selaku Ketua Tim mengatakan bahwa Pelaksanaan Rapat Kerja Pemerintahan Tingkat Kabupaten Nias Utara merupakan kegiatan rutin Pemerintah Daerah dalam rangka mengsinkronkan berbagai program tugas dan fungsi.

Sekaligus sebagai salah satu wahana untuk mengevaluasi berbagai kegiatan Pemerintah baik di Wilayah Kecamatan/Kelurahan maupun pada SKPD di Tingkat Kabupaten guna mendapatkan solusi penyelesaian yang dapat mempercepat kegiatan Pemerintah maupun pelayanan kepada masyarakat.

Pada Rapat Kerja Pemerintahan ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai kendala atau hambatan yang dihadapi baik diwilayah kerja Kecamatan/Kelurahan, maupun di SKPD Kabupaten dan secara bersama-sama menyepakati solusi penyelesaian dengan SKPD terkait.

Lebih jauh, Filifo Harefa, SH mengatakan bahwa diharapkan hasil kesepakatan dan petunjuk yang dihasilkan pada Rakerpem ini akan menjadi sebuah Instruksi Bupati untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran pemerintahan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Arahan dan Bimbingan Bupati Nias Utara/Drs. Edward Zega, B.Sc, MM mengatakan bahwa sesuai hasil audit pada tahun 2014, Pemkab Nias Utara mendapat hasil WDP (Wajar Dengan Pengecualian). Itu semua atas hasil usaha keras dan kerjasama kita semua, sehingga mendapat hasil WDP sesuai harapan kita.

Walaupun demikian masih ada beberapa dokumen-dokumen yang harus dilengkapi, termasuk inventaris asset serta laporan keuangan.

Untuk itu kepada seluruh SKPD, terlebih SKPD terkait agar segera melengkapi dan menyiapkan atas kekurangan-kekurangan tersebut, sehingga kita kedepan bisa mencapai WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Dibalik itu semua, ini menjadi beban bagi kita, paling tidak kita dapat mempertahankannya.

Ini semua jauh dari terwujud, bila kita tidak memiliki tekad yang sama, bersunguh-sungguh dan lebih serius serta bekerjasama dalam membangun Kabupaten Nias Utara.

Lebih lanjut, Drs. Edward Zega, B.Sc, MM menginstruksikan kepada seluruh pimpinan SKPD, Camat/Lurah agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan publik yang prima dengan cara selalu bekerja keras, peka, peduli dan responsive terhadap kebutuhan masyarakat.

Selanjutnya, Bupati Nias Utara mengingatkan kepada seluruh pimpinan SKPD agar terus menegakkan kepada seluruh PNS dan Non PNS yang berada di unit kerja masing-masing. Lebih jauh, Edward Zega mengatakan bahwa Tahun Anggaran 2015 ini kurang dari dua bulan lagi.

Saya harapkan persentase penyerapan dana sudah hampir seratus persen, dan kepada SKPD teknis, apabila tidak bisa selesai kegiatan, langsung putus kontrak, agar tidak terjadi lagi hutang daerah.

Saya juga tetap mengingatkan kita semua terutama pelaksana keuangan, baik PA, PPK, PPTK dan bendahara untuk menyiapkan surat pertangungjawaban (SPJ) keuangan sesuai dengan apa yang telah diamanatkan oleh peraturan yang ada, sehingga penyampaian laporan dapat tepat waktu.

Rapat Kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Nias Utara tahun 2015 berjalan dengan baik, yang juga dilaksanakan dengan penyerahan penghargaan kepada Kecamatan Terbaik se-Kabupaten Nias Utara tahun 2015, yaitu Kecamatan Sawo sebagai peringkat pertama, Kecamatan Lotu sebagai peringkat kedua dan Kecamatan Alasa Talu Muzoi sebagai peringkat ketiga.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015