Pollung, Sumut, 25/8 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, menetapkan nomor urut calon bupati dan wakil bupati yang maju dalam pemilihan kepala daerah, 9 Desember 2015.

"Kita harapkan nomor urut pasangan yang telah didapatkan menjadi angka keberuntungan dalam pilkada ini," kata Ketua KPU Humbahas Leo Pasaribu saat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon di Pollung, Selasa.

Lewat pengundian, tiga pasangan yang sebelumnya telah ditetapkan, yakni pasangan Marganti Manullang dan Ramses Purba mendapatkan nomor urut 1. Pasangan Dosmar Banjarnahor dan Saut Parlindungan Simamora dinomor urut 2 serta pasangan Rimso Sinaga dan Derincen Hasugian dengan nomor urut 3.

Salah seorang calon bupati Marganti Manulang yang mendapat nomor urut satu mengaku nomor tersebut merupakan keberuntungan baginya.

"Ini merupakan sejarah bagi saya. Sejak ikut menjadi calon, baik itu cabup maupun wabup, saya selalu mendapatkan nomor urut 1," kata sang petahana yang selama dua periode sebelumnya duduk sebagai Wakil Bupati Humbahas.

Sedangkan pasangan Dosmar-Saut yang mendapatkan nomor urut 2 dengan spontan mengacungkan dua jarinya sebagai isyarat salam dua jari ala Presiden Jokowi.

"Nomor 2 merupakan kemenangan. Dua jari sebagai simbol `victory atau kemenangan akan menghantarkan daerah ini menjadi hebat. Dosmar-Saut untuk Humbahas hebat," katanya.

Tidak mau ketinggalan, pasangan Rimso-Derince pun mengangkat nomor urut yang diperoleh sembari mengatakan bahwa angka tiga dalam filosofi Batak menandakan "dalihan natolu" sebagai sistem kerangka kekerabatan Suku Batak.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015