Binjai, Sumut, 16/6 (Antara) - Harga daging sapi dan kambing di Kota Binjai mengalami kenaikan menjelang kedatangan bulan suci Ramadhan 1436 Hijriah.

Menurut Vina, salah seorang pedagang daging sapi dan kambing di Pasar Tradisional Tavip, di Binjai, Selasa, harga daging sapi mengalami kenaikan Rp7.000 dari harga sebelumnya Rp90.000 per kg menjadi Rp97.000 per kg.

"Kenaikan ini disebabkan mendekati bulan Ramadhan dan ramainya permintaan daging sapi dari warga," katanya.

Demikian juga dengan daging kambing yang mengalami kenaikan Rp5.000 dari Rp75.000 per kg menjadi Rp80.000 kg.

Ia mengatakan, kenaikan harga tersebut memang biasa terjadi setiap tahunnya, terutama menjelang kedatangan bulan puasa dan Lebaran.

Selain permintaan tinggi, kenaikan harga daging sapi dan kambing itu juga karena naiknya harga pembelian dari sejumlah agen dari Medan dan Aceh.

Meski naik, tetapi stok daging sapi dan kambing masih mencukupi dan semua permintaan bisa terpenuhi oleh pedagang di pasar tersebut.

Ia memperkirakan H-1 Ramadhan, harga daging sapi tersebut akan kembali mengalami kenaikan hingga mencapai Rp 100.000 per kg, bahkan lebih.

Sementara itu, pedagang lainnya Idawati mengatakan, harga daging kambing diperkirakan juga akan mengalami kenaikan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

"Terutama satu hari menjelang Ramadhan, karena permintaan dari warga pasti akan banyak," katanya.

Namun pedagang memperkirakan harga daging itu kembali turun setelah bulan Ramadahan berlangsung. ***3***
(T.KR-IFZ/C/I. Arfa/I. Arfa)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015