Doloksanggul, Sumut 12/6 (Antara) - Pemkab Humbang Hasundutan, Sumatera Utara memiliki peluang besar untuk masuk nominasi penerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2014 sebab kabupaten tersebut dinilai mampu menata transportasi publik dengan baik.

"Tim penilai dari Kementerian Perhubungan RI telah memberikan penilaian secara objektif dan Humbang Hasundutan (Humbahas) masuk dalam 8 besar kabupaten/kota yang akan menerima penghargaan tersebut," kata Kabag Humas Pemkab Humbahas, Osborn Siahaan di Doloksanggul, Kamis.

Penghargaan WTN diberikan Pemerintah Pusat kepada kota-kota yang dinilai mampu menata transportasi publik dengan baik secara periodik setiap satu tahun sekali. Pada tahun ini akan diberikan saat ulang tahun Perhubungan 17 September 2014.

Menurut Osborn, lalulintas dan angkutan jalan mempunyai peran strategis untuk meningkatkan kesejahteraan umum.

Saat ini, kata dia, pemerintah daerah setempat sedang berkonsentrasi untuk membangun terminal tipe A dan gedung pengujian kendaraan bermotor seluas tiga hektare di Kecamatan Doloksanggul.

Juru bicara Pemkab Humbahas itu mengaku, pihaknya menyadari masih banyak yang perlu dibenahi dan membutuhkan bantuan dana dari Kementerian Perhubungan RI.

Pembenahan yang membutuhkan bantuan tersebut termasuk rencana penyerahan jalan "ring road" menjadi jalan negara menggantikan jalan yang menghubungkan Doloksanggul-Simangaronsang tanpa melalui pusat kota.

"Penyerahan ring road menjadi jalan negara itu akan menghasilkan ketertiban dan keamanan serta kenyamanan berlalulintas," kata Osborn.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai dari Kementerian Perhubungan, Karlo Manik menjelaskan, pihaknya bersama-sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan penilaian di lapangan selama tiga hari.

Berdasarkan tatacara dan kriteria penilaian, menurut dia, masih banyak yang perlu dibenahi di kabupaten tersebut.

"Masih banyak pembenahan lalulintas dan angkutan jalan yang perlu dilakukan untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi," sebut Karlo. ***3***
(KR-HIN)

(T.KR-HIN/C/Suparmono/Suparmono)

Pewarta: H Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014