Medan, 25/7 (Antara) -AirAsia Indonesia berencana menambah satu unit lagi Airbus A320 di Medan menyusul beroeprasinya Bandara Kualanamu mulai 25 Juli.

"Pengoperasian Bandara Internasional Kualanamu pengganti Polonia Medan membuat AirAsia semakin bisa meningkatkan layanan ke pelanggan dan juga mengembangkan jaringan dari hub Medan.Dengan ditambahnya satu unit pesawat, maka jumlah pesawat AirsAsia di Medan menjadi empat unit,"kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia Dharmadi.

dalam keterangan yang diterima di Medan, Kamis.

Melalui hub Medan, dewasa ini, AirAsia Indonesia telah melayani empat rute domestik seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru dan Surabaya serta empat rute internasional yakni Kuala Lumpur, Penang, Bangkok dan Singapura.

"Rute ke Singapura akan mulai dioperasikan efektif 12 Agustus 2013,"katanya.

Terkait penerbangan hari pertama di Bandara Kualanamu, kata dia, diawali dengan penerbangan rute Medan - Penang.

Pesawat lepas landas pukul 05.15 WIB dengan membawa 100 penumpang dan tiba di Penang, Malaysia pukul 07.00 waktu setempat.

"Penerbangan dari Medan ke Penang menandakan resminya perpindahan operasional AirAsia ke Bandara Internasional Kualanamu dari sebelumnya di Polonia. Kami mengucapkan selamat kepada Pemerintah Indonesia dan PT Angkasa Pura II yang telah sukses meresmikan pengoperasian Kualanamu pada Kamis,"kata Dharmadi.

AirAsia menyambut positif peluncuran Bandara Kualanamu menggantikan peran Polonia Medan yang telah beroperasi selama 85 tahun.

AirAsia menilai pembangunan Bandara Internasional Kualanamu yang berkelas dunia di atas lahan seluas 1.365 hektare serta dirancang untuk melayani pergerakan 10.000 pesawat dengan kapastas delapan juta penumpang per tahun akan mendukung pengembagan bisnis maskapai.

Dia menambahkan, dalam upaya membantu penumpang sekaligus memperkenalkan Kualanamu, AirAsia telah membagikan buku panduan dengan dua bahasa secara gratis kepada seluruh penumpang AirAsia yang tiba di Kualanamu .

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahuddin Nasuton, mengakui, Bandara Kualanamu menjadi salah satu kebanggan Sumut dan anggota Asita juga sudah mempubilkasikannya ke mitra kerja di dalam negeri dan berbagai negara.

Asita sendiri menaruh harapan besar kepada Kualanamu, dimana diharapkan, pemindahan bandara itu dari Polonia juga diikuti dengan perbakan dan peningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) berbagai pihak di bandara itu sehingga layanan di Kualaamu benar-benar berstandar internasional.***3***
(T.E016/B/Setiyono/Setiyono)

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013