Jumat, 20 Oktober 2017

Sumut Gelar Seleksi Siswa Mengenal Nusantara

| 932 Views
id Berita aumut, pemprov
Sumut Gelar Seleksi Siswa Mengenal Nusantara
Logo Pemprov sumut (antarasumut/int)
Medan, 17/6 (Antarasumut) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggelar seleksi duta siswa nusantara untuk diikutsertakan dalam pemilihan tingkat nasional di Mamuju, Sulawesi Barat.

" Siswa Nusantara diharapkan menjadi kebanggaan dan bisa mengenalkan Sumut dan termasuk semua daerah di Indonesia," ujar Ketua Tim PKK Sumut, Evi Diana Erry Nuradi di Medan, Sabtu.

Dia mengatakan itu pada acara pembukaan Seleksi Pertukaran Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Seleksi yang berlangsung hingga 18 Juni, diikuti 43 orang siswa dari 33 kabupaten/kota.

Menurut Evi Diana, program Siswa Mengenal Nusantara bertujuan untuk menanamkan rasa bangga kepada generasi muda sebagai bangsa yang memiliki kekayaan nusantara.

"Melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan serta kunjungan ke Sulawesi Barat, juga bagian dari bingkai persatuan dan kesatuan," ujar Evi.

Siswa, katanya, harmus bangga sebagai warga Indonesia yang memiliki banyak suku, budaya, bahasa, adat dan agama yang banyak.

Meski majemuk, tetapi harus tetap bersatu sehingga menjadi.kuat.

"Karena seleksi ajang penentuan, maka panitia seleksi harus fair karena akan menjadi duta Sumut yang harus memberi kebanggaan," katanya

Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis, menyebutkan, program Siswa Mengenal Nusantara yang sudah menjadi program rutin dengan dukungan pihak ketiga khususnya BUMN, sangat memberi arti bagi dunia pendidikan.

Dengan program itu, siswa menjadi lebih antusias mengenal kebudayaan dan potensi daerahnya maupun daerah lain.

Tindakan siswa itu diharapkan meningkatkan rasa bangga akan Indonesia dan menguatkan rasa kebangsaan.

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017