Rabu, 28 Juni 2017

Pemprov Berikan Bantuan Peralatan Pertanian

| 465 Views
id madina, alat pertanian, bantuan
Panyabungan, 15/6 (Antarasumut) – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara berikan bantuan alat-alat pertanian modren dan puluhan ton benih tanaman pangan  kepada Pemerintah Daerah kabupaten Mandailing Natal, Kamis.
 
Penyerahan alat-alat pertanian  dan puluhan ton benih  pangan  secara cuma-cuma ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Ir. Tengku Erry Nuradi  kepada  puluhan petani  didesa Rumbio kecamatan Panyabungan Utara.

Kepala Dinas Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Azhar Harahap menyampaikan, pemberian peralatan  pertanian ini kepada Pemerintah Daerah Mandailing Natal dikarenakan karena kabupaten tersebut pada tahun ini telah memberikan konstribusi besar terhadap penghasilan padi di Sumatera Utara yakni sebesar 4,97 persen.

Dengan penghasil  ini menjadikan kabupaten tersebut  menjadikan Madina menjadi kabupaten   terbesar ke lima di Sumatera Utara sebagai daerah  sentra penghasil beras dipropinsi itu.
 
“Setelah tahun sebelumnya kita berikan bantuan maka pada tahun ini kita menambahnya lagi,” ujarnya.
 
Ia mengatakan, pada tahun 2016 yang lalu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sudah memberikan  memberikan bantuan pertanian kepada kabupaten tersebut yakni berupa taraktor roda dua sebanyak, 181 unit dan roda empat sebanyak 4 unit serta peralatan pertanian lainnya.
 
“ Untuk tahun ini kita tambah dengan dengan benih padi sebanyak 55 ton,  84 ton benih jagung, 8 ton   kedelai, cabai  merah, 300 bungkus,  bawang merah, 6 ton, traktor roda dua, 51 unit, roda empat, 2 unit,  pompa air,  18 unit,  hand sprayer, 34 unit dan peralatan lainnya,”
sebut Kadis.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017