Minggu, 20 Agustus 2017

Ini Perbedaan Telur Cangkang Coklat dan Putih

| 2014 Views
id antarasumut, beda telur
Ini Perbedaan Telur Cangkang Coklat dan Putih
. (gohitz/shutterstock)

(Antarasumut)-Pasti sudah tidak asing dengan telur ayam, terutama buat yang doyan bikin mi rebus atau makan dengan lauk telur dadar, dan telur mata sapi. Biasanya untuk membuat olahan makanan tersebut, kamu menggunakan telur dengan cangkang yang berwarna coklat. Telur ini yang paling umum dijual di warung-warung dan juga toko sembako.


Tapi ternyata, telur ayam tidak hanya bercangkang coklat lho. Ada juga telur ayam yang memiliki kulit cangkang berwarna putih. Orang-orang biasa menyebutnya sebagai telur ayam kampung dan banyak dikonsumsi sebagai campuran jamu. Lalu, apa sih yang membedakan telur ayam berwarna coklat dan putih?


Sebenarnya baik telur ayam berwarna coklat dan juga berwarna putih tidak memiliki perbedaan dalam hal kandungan nutrisi maupun protein di dalamnya. Yang membedakan hanyalah ukurannya saja. Biasanya, telur ayam bercangkang putih relatif sedikit lebih kecil dibanding telur ayam bercangkang coklat. Kemudian, di telur ayam berwarna putih biasanya kuning telur lebih mendominasi dibanding dengan telur ayam yang berwarna coklat.


Telur ayam bercangkang coklat dan telur ayam bercangkang putih ternyata ditelurkan oleh induk ayam yang berbeda. Telur ayam dengan kulit cangkang berwarna coklat biasanya ditelurkan oleh ayam ras bertelinga merah. Sedangan, telur ayam bercangkang putih ditelurkan oleh ayam ras betina bertelinga putih.


Ketebalan kulit cangkang juga ternyata berbeda. Telur ayam dengan kulit cangkang berwarna coklat memiliki ketebalan sekitar 0,51 mm, sementara telur ayam dengan cangkang berwarna putih ketebalan kulitnya hanya sekitar 0,44 mm. Tapi yang jelas, baik telur ayam dengan kulit cangkang coklat maupun putih sama-sama tinggi protein dan baik untuk tubuh. 

Editor : Akung

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017