Medan, 7/2 (antarasumut)- Pengusaha Nasional Chairul Tanjung berbagi kiat meraih sukses dalam berwirausaha dalam kuliah umum yang digelar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di Medan, Kamis.

"Seorang wirausaha harus memiliki karakter, kreatif dan inovatif serta bersikap optimis dalam memandang masa depan," kata Chairul Tanjung tentang kiat menjadi wirausaha sukses.

Menurut dia, seorang wirausaha harus tangguh dan tidak gampang menyerah. "Artinya jika mengalami kegagalan maka harus bangkit kembali sampai kegagalan itu yang bosan sendiri dan tak mau datang lagi," katanya.

Selain itu jelasnya, wirausaha harus punya instuisi bisnis yang artinya mampu melihat peluang serta percaya diri.

Seorang wirausahawan jelasnya juga harus punya pola pikir "out of the box" keluar dari berfikir yang biasa. Terakhir wirausahawan harus perfeksionis yang maksudnya mampu membuat sesuatu yang terbaik.

Chairul Tanjung yang membawakan makalah berjudul, "Membangun Kewirausahaan Untuk Membawa Indonesia Menuju Kancah Dunia," juga menyinggung tentang pentingnya pembenahan sektor pendidikan untuk menghasilkan lulusan berkualitas.

"Pendidikan harus nyambung dengan dunia usaha, artinya lulusan perguruan tinggi yang dihasilkan benar-benar telah siap pakai," katanya.

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Drs Agussani MAP mengungkapkan, sukses Chairul Tanjung yang tertuang dalam buku "Chairul Tanjung si Anak Singkong," mampu menginspirasi.

" banyak hal yang bisa kita tiru dari kiprah Chairul Tanjung yang mampu meraih sukses dari merintis karir benar-benar dari bawah," katanya.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013